-->

Minggu, 29 Januari 2023

Umat Islam akan bangkit dan jaya kembali jika jamaah shalat shubuhnya seperti shalat Jum'at. Banyak sekali keutamaan shalat shubuh berjamaah, apalagi jika setelah shalat shubuh jamaah melanjutkan dengan ibadah yang lain hingga matahari terbit, imbalannya senilai dengan pahala haji sempurna. Inilah yang dilakukan oleh jamaah masjid Az Zikra yang dipimpin oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham, setiap hari mereka berkumpul melakukan shalat shubuh berjamaah dilanjutkan dengan halaqoh (majelis ilmu) hingga matahari terbit. Berikut keutamaan majelis ilmu yang dijelaskan oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham: 

Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarkaatuhu. Sahabatku inilah keutamaan Majelis Ilmu, apalagi setelah sholat shubuh di mesjid berjamaah sampai matahari terbit. 

Pertama, meraih pahala haji umrah sempurna, “Barangsiapa menegakkan shalat shubuh berjamaah di mesjid, lalu dia duduk berdzikir (tadurrusan) sampai matahari terbit, lalu menegakkan shalat dua rakaat, maka ia akan meraih pahala haji dan umrah. Rasulullah melanjutkan, “Sempurna, sempurna, sempurna” (HR At-Tirmidzi), 

Kedua, majelis ilmu itu diibaratkan seperti duduk di taman syurga Allah Swt, Nabi Saw bersabda: “Jika kalian melewati taman Syurga maka singgahlah dengan senang hati”. Para sahabat bertanya, “Apakah taman Syurga itu? ”Beliau Saw menjawab, “Halaqoh-halaqoh dzikir (atau halaqoh Ilmu)” (HR. At-Tirmidzi).

Ketiga, masuk menjadi generasi termulia yaitu generasi Rabbani, Allah Swt berfirman:"Jadilah kalian generasi Rabbani, yang selalu mengajarkan Alqur'an dan as Sunnah dan terus mempelajarinya," (QS Ali Imran 79).

Keempat, termasuk mujahid di jalan Allah, Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu syar’i , maka ia berjihad di jalan Allah hingga ia kembali," (HR. At-Tirmidzi). 

Kelima, akan dibanggakan Allah, Rasulullah Saw bersabda: “Tiada suatu kaum duduk dalam majelis Ilmu serta majelis dzikir kepada Allah, pasti dikelilingi Malaikat, diliputi rahmat Allah, diturunkan pada mereka ketenangan dan nama mereka disebut Allah di depan para Malaikat-Nya." (HR.Muslim).

Keenam, meraih rahmat Allah, Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa yang pergi untuk mencari ilmu maka Allah subhanahu wata’ala membukakan kepadanya jalan menuju surga dan para malaikat pun membentangkan sayap untuk menaunginya. Dan para malaikat di langit serta ikan paus di laut bershalawat untuknya. Keutamaan seorang ulama atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan pada malam purnama atas semua bintang. Ulama adalah pewaris para nabi, para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, tetapi mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambil ilmu, maka dia telah mendapatkan bagian yang banyak (dari warisan itu). Kematian seorang ulama merupakan musibah yang tidak bisa diobati, lubang yang tidak dapat disumbat, dan bintang yang hancur. Kematian satu kabilah lebih ringan daripada kematian seorang alim." (HR Baihaqi)

Ketujuh, senang tenang bahagia, Rasulullah Saw bersabda: “Bagi kaum yang suka berjamaah di rumah-rumah ibadah, membaca Al-Qur’an secara bergiliran dan mengajarkannya terhadap sesamanya, akan turunlah kepadanya ketenangan dan ketentraman, akan terlimpah kepadanya rahmat dan mereka akan dijaga oleh malaikat, juga Allah akan selalu mengingat mereka.” (HR Muslim).

Kedelapan, dibanggakan Allah, Rasulullah Saw bersabda: “Tiada suatu kaum duduk dalam majelis dzikir kepada Allah (Majlis Ilmu), pasti dikelilingi malaikat, diliputi rahmat Allah, diturunkan pada mereka ketenangan dan nama mereka disebut Allah di depan para Malaikat-Nya.” (HR.Muslim), 

Kesembilan, jauh dari murka Allah, Rasulullah Saw bersabda: “Dunia ini terkutuk dengan segala isinya kecuali dzikrullah (taat pada Allah) dan yang serupa itu, berilmu & penuntut ilmu.” (HR.At-Tirmidzi), 

Kesepuluh, jamaah halaqoh ilmu kembali berkumpul bersama di akhirat kelak, "Seseorang di akhirat kelak dikumpulkan bersama siapa yang ia cintai di dunia". 

Nah apalagi alasan kita untuk tidak menghadiri majelis ilmu, jangan sia-siakan hidup yang sebentar ini. Ayo raih semua kemuliaan itu dengan duduk di majlisNya. 

Sahabatmu Muhammad Arifin Ilham siapkan diriku untuk bersama kalian di setiap subuh di mesjid Az Zikra Sentul, dan silahkan ikuti siaran langsung via livestreaming www.salingsapa.com majelis Az Zikra, Insya Allah sahabatku, jazaakumullah. 

Allahumma ya Allah berkahi persahabatan dan harakah dakwah kami....aamiin.




Baca Artikel Terkait: