-->

Kamis, 30 April 2015

Doa yang satu ini adalah muqaddimah (kata pengantar) doa. Sebuah kata pengantar yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan, “Tidaklah seorang muslim berdoa dengan muqaddimah yang satu ini, dalam masalah apapun kecuali Allah akan kabulkan permintaannya.”
(HR. Tirmidzi)
.
Muqaddimah tersebut adalah surat Al-Anbiya: 87
.
لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ َ
.
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim”
.
Ucapan yang dibaca oleh nabi Yunus ‘alaihissalam ketika berada di perut ikan.
.
Ini adalah muqaddimah, yang hendaknya kita baca sebelum berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengatakan “Tidaklah seorang muslim membaca muqaddimah ini saat dia berdoa kecuali Allah subhanahu wa ta’ala akan kabulkan permintaannya.” Khususnya di perkara-perkara yang berat. Dalam perkara yang urgent kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
.
Mengapa muqaddimah ini begitu luar biasa?
Ada apa di balik kalimat tersebut?
.
Syaikh Abdurrazzaq dan para ulama yang lain mengatakan bahwa salah
satu konsep hidup orang muslim, ia senantiasa:
● Mengakui kenikmatan
Allah subhanahu wa ta’ala
● Memuji Allah subhanahu wa ta’ala
● Dan di waktu yang sama ia mengakui kelemahan-kekurangan-kesalahan
dirinya
》Itu konsep hidup
.
Kita memuji Allah dan di waktu yang sama kita akui kesalahan kita. Itu Allah paling senang. Kenapa demikian? Karena dampaknya dasyat sekali. Kalo pakai bahasa politik, ini efeknya domino dalam kehidupan kita.

Kalo kita benar-benar bisa meresapi
.
لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
.
Maka kita akan:
.
1) Tunduk kepada Allah. Karena kita tau kita ini hina. Kita tunduk.
.
2) Lalu kita akan bertaubat kepada Allah. Karena ternyata saya ini zhalim .
3) Tensi kesombongan akan turun. Orang sombong karena merasa sempurna. Karena merasa perfect. Tapi kalo orang sudah merasa dia zhalim, banyak melakukan kesalahan, dia akan merasa dirinya rendah. Dia ngga akan sombong. Ada murid yang mendapakan nilai 4 lalu dia sombong? Yang mendapat 2,5 sombong? Yang sombong yang mendapatkan nilai 10 - 9,9 - 9,8
.
4) Dia tidak akan meremehkan orang lain. Dia akan low profile dalam hidup. Apa yang mau dibanggain? Orang zhalim sana zhalim sini. Dia tidak akan remehkan orang, tidak akan jatuhkan orang, tidak akan injak-injak orang.
.
5) Fokusnya dalam hidup itu hanya ingin memperbaiki diri, memperbaiki diri, memperbaiki diri. Dan ngga terlalu ribet ngurusin orang lain, karena saya ini zhalim.
.
# Makanya, itulah kenapa Allah senang banget dengan muqaddimah doa ini. Karena orang akan tawadhu, low profile, tidak akan sombong, tidak akan belagu, dia akan tunduk, dst
.
catatan kajian ustadz Nuzul Dzikry

Repost: @alhikmahjkt




Baca Artikel Terkait: