-->

Minggu, 29 Januari 2023

Share yuk agar semua muslim tahu

Bismillah, berikut di antara manusia terjelek. Siapa mereka?

وَلِأَحْمَدَ بِسَنَدٍ جَيِّدٍ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَرْفُوعًا: ( إِنَّ مِنْ شِرَارِ النَّاسِ مَنْ تُدْرِكُهُمُ السَّاعَةُ وَهُمْ أَحْيَاءٌ وَالَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْقُبُورَ مَسَاجِدَ). وَرَوَاهُ أَبُو حَاتِمٍ فِي صَحِيحِهِ (Diriwayatkan) oleh Ahmad dengan sanad yang jayyid secara marfu’ dari Ibnu Mas’ûd radhiyallâhu ‘anhû, (beliau berkata), “Sesungguhnya, di antara manusia terjelek adalah orang-orang yang menjumpai hari kiamat dalam keadaan masih hidup dan orang-orang yang menjadikan pekuburan sebagai masjid-masjid (tempat ibadah).”
Diriwayatkan oleh Abu Hâtim dalam Shahîh-nya.

Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam mengabarkan tentang orang-orang yang ditegakkan hari kiamat atas mereka sedangkan mereka masih hidup, bahwa mereka adalah manusia yang paling jelek. Di antara mereka ada yang mengerjakan shalat di sisi kuburan atau menghadap kepada kuburan dan membangun kubah-kubah di atas kuburan. Ini merupakan peringatan kepada umatnya agar tidak melakukan terhadap kuburan nabinya dan orang-orang shalih sebagaimana yang telah dilakukan oleh mereka (manusia yang paling jelek itu). Hadits ini memperingatkan tentang sikap menjadikan kuburan sebagai masjid, shalat di sekitarnya dan mencari keberkahan dengannya, karena hal itu merupakan celah yang akan mengantarkan kepada kesyirikan.

Faedah Hadits
1. Peringatan dari mengerjakan shalat di sisi kuburan, karena merupakan sarana yang mengantarkan kepada kesyirikan
2. Bahwa barangsiapa yang menjadikan kuburan orang-orang shalih sebagai masjid-masjid untuk dikerjakan shalat padanya, maka dia termasuk manusia yang terjelek, meskipun tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah.
3. Bahwa hari kiamat akan terjadi pada manusia yang terjelek.
4. Peringatan dari kesyirikan dan sarana-sarana yang mengantarkan kepadanya, betapapun tujuan dari pemilik sarana-sarana tersebut.

materi : Dzulqarnain M. Sunusi | @sausanalmabrukah99

Semoga bermanfaat sahabat. Dan menjadi renungan buat kita :)

Ref: @tausyiyah




Baca Artikel Terkait: