-->

Selasa, 03 November 2015

ALANG-alang atau ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (Bjn, Min.), lalang (Mly., Md., Bl.), eurih (Sd.), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas.,Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate danTidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagaibladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

Tanaman alang-alang ini memiliki khasiat yang luar biasa. Di antaranya, meluruhkan air seni, pereda rasa nyeri dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bagian tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan itu ialah akar dan rimpang.

Jika Anda ingin menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama-tama Anda harus menyiapkan 20-30 gram rimpang kering direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin disaring. Lalu, Anda dapat meminumnya 3 kali sehari masing-masing setengah gelas. []

Sumber:
Penyembuhan Alami dengan Herbal dan Pijat Refleksi/Karya: MB. Rahimsyah. AR/Penerbit: Lintas Media
id.wikipedia.org




Baca Artikel Terkait: