-->

Rabu, 11 Januari 2023



Malaikat Jibril A.S selain memiliki bentuk dan rupa aslinya seperti yang telah digambarkan dalam riwayat dan beberapa ayat di bawah ini, juga dapatmemperlihatkan dirinya dalam bentuk dan rupa seorang pemuda yang tampan rupawan, atau hanya seperti seorang lelaki kampung biasa, dan dapat mengambil bentuk apa pun sesuai dengan kehendak Allah S.W.T yang telah menciptakannya.

Dengan demikian, penampilannya tidak dapat direka oleh fungsi akal dan imaginasi nafsu manusia. Kehadiran Malaikat Jibril bukan hanya dapat dilihat oleh para nabi dan rasul-NYA, akan tetapi Allah mengizinkan dia disaksikan oleh keluarga, para sahabat, mahupun para kekasih-NYA dan hamba yang telah dikehendaki-NYA.

Nabi Muhammad S.A.W dapat melihat Malaikat Jibril dalam rupa asalnya, lalu menyampaikan wahyu seperti yang dikehendaki Allah kepada Nabi. Penampilannya seperti ini pernah berlaku sebanyak dua kali, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah S.W.T :

"Wahyu itu disampaikan dan diajarkan kepadanya oleh (malaikat Jibril) yang amat kuat gagah, lagi yang mempunyai kebijaksanaan,kemudian dia memperlihatkan dirinya (kepada NabiMuhammad) dengan rupanya asal, Sedang dia berada di arah yang tinggi (di Iangit)." (Surah an-Najm: 5-7)



Baca Artikel Terkait: