-->

Minggu, 01 November 2015


JAKARTA – Sekjen Forum Indonesia Pedulia Syam (FIPS), Ustadz Abdul Harits, Lc mengimbau kepada kaum Muslimin agar berhati-hati dengan propaganda aliran sesat Syiah.

Selama ini, para penentang Syiah selalu dituduh sebagi pengikut ajaran Wahabi. Padahal, ada pemahaman yang perlu diluruskan terkait Wahabi.

Menurutnya, aliran Wahabi memang disepakati kesesatannya oleh para ulama. Namun Wahabi yang dimaksud adalah Abdul Wahab bin Rustum, yang memiliki pemahaman sesat khawarij.

“Aliran Wahabi ini sesat, yang dimaksud oleh para ulama, sudah sepakat bahwa yang dimaksud aliran Wahabi adalah Abdul Wahab bin Rustum yang dia ini adalah sesat dan muncul di awal abad ke 3 hijriah,” kata Ustadz Abu Harits di Kantor FIPS, Jalan Tebet Utara III D, Jakarta Selatan, pada Selasa (27/10/2015).

Ustadz Abu Harits membantah, bila para penentang aliran sesat Syiah selalu dituding sebagai Wahabi. Manurutnya, antitesa tersebut salah besar.

“Terkait upaya menentang Syiah lalu kemudian dituduh sebagai Wahabi ini jelas salah dan ini adalah propaganda buruk. Jadi ini antitesa yang salah,” ujarnya

Ia juga mengimbau kepada kaum Muslimin jangan sampai terpengaruh dan tertipu oleh propaganda busuk seperti ini.

Sebab sikap Ahlus Sunnah senantiasa memurnikan pemahaman sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah serta menentang kesesatan.

“Ahlussunnah wal jamaah telah memposisikan dirinya yang senantiasa berpaham kepada Al-Qur’an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafus shalih. Ketika ada upaya untuk memurnikan Islam sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat, ini adalah pemahaman Ahlus Sunnah yang sebenarnya, bukan Wahabi,” jelasnya.

Lebih lanjut Ustadz Abu Harits menjelaskan, bila tudingan kesesatan Wahabi dialamatkan kepada Syaikh Muhmmad bin Abdul Wahab, itu adalah kesalahan besar. Sebab Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab merupakan ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah.

“Yang harus diberikan pemahaman kepada masyarakat bahwasanya Wahabi itu merujuk kepada Abdul Wahab bin Rustum yang memiliki kesesatan, bukan kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab At Tamimi yang mana beliau adalah ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah, karya-karya beliau pun diakui oleh seluruh kaum Muslimin di dunia. Jadi tidak benar jika dikatakan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab itu berpemahaman Wahabi,” tandasnya.

Untuk diketahui, Wahabi merupakan firqah sempalan Ibadhiyah khawarij yang timbul pada abad ke 2 (dua) Hijriyah (jauh sebelum masa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab), yaitu sebutan Wahabi nisbat kepada Tokoh Sentralnya, Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang wafat tahun 211 H. Wahabi ini merupakan kelompok yang sangat ekstrim kepada Ahlus Sunnah,dan sangat jauh dari Islam.

Untuk menciptakan permusuhan di tengah Umat Islam, kaum Imperialisme, kaum munafikun dan Syiah Rafidhah memancing di air keruh dengan menyematkan baju lama (Wahabi) dengan berbagai atribut penyimpangan dan kesesatannya untuk menghantam ajaran Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. [AW]




Baca Artikel Terkait: