7 Kebiasaan Blogger Sukses


7 Kebiasaan Blogger Sukses

Hasil gambar untuk blog
Menjadi blogger sukses merupakan dambaan kita sebagai blogger pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari para blogger sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan para blogger tersebut dalam mencapai kesuksesannya? Menurut John Chow dalam ebooknya Make Money Online With John Chow dot Com, setidaknya ada 7 kebiasaan yang dilakukan para blogger sukses, yaitu:
1. Memublikasikan postingan secara konsisten

Konsisten adalah tetap. Dalam ngeblog, pengertian konsisten dapat diartikan secara reguler memublikasikan postingan. Kapan waktunya? Itu tergantung dari situasi dan kondi si blogger sendiri. Bisa saja memposting satu tulisan setiap hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih dari satu postingan per harinya.
2. Menyukai topik ngeblognya

Ngeblog dengan topik yang disukai akan membantu dalam mengembangkan blog dalam jangka panjang. Misalnya, Anda yang memilih topik mobil karena menyukai hal-hal yang terkait mobil. Dengan demikian, Anda akan senang menulis topik tersebut dalam jangka panjang.
3. Berinteraksi dengan pembacanya

Apalah artinya sebuah blog bila tanpa pembaca. Karenanya, berinteraksi dengan pembaca membantu Anda dalam mengembangkan blog. Bentuk interaksi ini antara lain menjawab komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog pengunjungnya.
4. Tidak pelit memberikan link

Sebuah postingan yang baik umumnya berasal dari pengalaman sendiri dan atau referensi (tulisan orang lain). Meskipun tulisan tersebut sebagian besar berasal dari pengalaman sendiri, akan lebih baik jika postingan tersebut dilengkapi dengan data atau fakta dari postingan orang lain. Selain itu, kebiasaan ini membantu pengunjung memperdalam topik dan membangun kerja sama dengan blogger yang Anda referensikan di tulisan Anda.
5. Tahu mencitrakan dirinya

Di tengah jutaan blogger di seluruh dunia, blogger sukses tahu mencitrakan dirinya secara positif. Pencitraan ini dapat dilakukan dengan tidak meng-copy paste tulisan orang lain, jujur, menjaga hak cipta, dan berteman dengan blogger baik pula. Memang cara tersebut relatif tidak instan, namun dalam jangka panjang akan sangat membantu Anda jika Anda menempuh cara tersebut.
6. Menulis dengan baik

Menulis postingan adalah tulang punggung dalam mengembangkan blog dalam jangka panjang. Karenanya, para blogger sukses menulis sebaik mungkin dengan memperhatikan kebergunaan, tata bahasa, alur penulisan, keefektifan kalimat, dan koherensi kalimat atau paragraf.
7. Membaca blog lain yang diminatinya

Para blogger sukses tidak haya membaca blog yang dimilikinya, namun mereka juga membaca blog-blog orang lain. Ini dapat berupa blog terkenal ataupun blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.

Salah satu cara menjadi blogger sukses adalah meniru kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan para blogger sukses. Tujuh kebiasaan yang saya jelaskan di atas dapat menjadi acuan awal Anda untuk menjadi blogger sukses./http://www.blogodolar.com/