-->

Kamis, 17 Desember 2015


Tips Menjadi Wirausaha Sukses Bagi Pemula


Menjadi seorang wirausahawan sukses merupakan cita-cita bagi semua pelaku usaha. Namun semuanya itu tidak akan terwujud dengan mudah jika Anda tidak memenuhi syarat menjadi seorang wirausaha yang sukses. Tidak akan ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan, sekecil apapun pengorbanan yang Anda lakukan.

Jangan pernah takut dengan kegagalan ketika Anda baru saja memulai usaha. Yang terpenting dalam memulai usaha adalah rasa percaya diri dan teruslah untuk bermimpi. Sekarang ini banyak sekali orang yang memilih untuk membuka usaha sendiri, Mengapa? Salah satu faktornya tentu saja karena faktor kebutuhan hidup.

Kunci Sukses Menjadi Seorang Wirausahawan
Berwirausaha merupakan seni menjalankan usaha sendiri untuk mencapai sebuah usaha mandiri yang sukses. Berikut ini adalah tips bisnis menjadi seorang wirausahawan yang sukses :

1. Pengetahuan dan Keterampilan
Sebelum Anda berencna untuk memulai usaha sebaiknya terlebih dahulu Anda telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai wirausaha yang akan Anda tekuni atau jalankan. Akan lebih baik juga jika pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki telah mumpuni sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dalam menjalankannya. Jika Anda Belum mempunyai pengetahuan sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk belajar terlebih dahulu sebagai bekal sebelum memulai usaha.

2. Semangat dan Kerja Keras
Dalam berwirausaha, semangat dan kerjakeras adalah hal penting yang harus dimiliki setiap orang salam membangun dan mengembangkan sebuah usaha. Dengan begitu, perencanaan-perencanaan baru untuk mengembangkan usaha Anda akan terus tercipta.

Salah satu penyebab kegagalan usaha adalah tidak terpeliharanya semangat dan kerjakeras untuk memajukan usaha. Sehingga, pada saat timbul masalah seperti planning yang tidak sesuai dengan harapan maka akan timbul keputusasaan. Oleh sebab itu, semangat dan kerjakeras harus selalu terpelihara dalam berwirausaha.

3. Memiliki Rasa Kepercayaan Diri
Banyak orang yang secara ilmu pengetahuan kurang pandai namun mereka sukses dalam berwirausaha karena mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk maju dan sukses, sehingga persoalan apapun bisa dihadapi dengan rasa percaya diri. Namun, tidak sedikit juga orang yang pandai tetapi kurang sukses dalam berkarir karena tidak mempunyai rasa percaya diri, sehingga mereka tidak bisa menghadapi permasalahan dengan tenang dan tidak bisa mengambil keputusan secara tepat.

Kepercayaan diri adalah modal penting dalam memajukan usaha. Jika pemilik usaha tidak percaya diri dengan usaha yang mereka jalani maka klien atau calon konsumen pun tidak akan percaya dengan bisnis yang Anda jalankan.

4. Berani Mengambil Resiko
Tidak ada sebuah usaha atau bisnis yang tidak memiliki resiko. Untuk bisa maju dalam berwirausaha maka Anda sebagai pelaku bisnis harus berani mengambil resiko yang harus Anda terima. Besar kecilnya resiko yang Anda hadapi tergantung pada besar kecilnya usaha yang Anda jalankan. Resiko yang yang Anda ambil tentu saja bukan tanpa alasan tetapi harus dengan pemikiran yang matang dengan berbagai alasan serta pertimbangan yang jelas.

5. Berfikir Kreatif dan Juga Inovatif
Untuk memajukan sebuah usaha, pelaku bisnis membutuhkan adanya inovasi, untuk itu berfikir kreatif untuk memajukan usaha sangatlah diperlukan. Misalnya saja Anda membuka usaha makanan serabi, awalnya mungkin Anda tahu bahwa serabi hanya memiliki satu rasa yaitu original. Namun sekarang ini sudah banyak sekali para pelaku usaha serabi yang menjual serabi dengan banyak varian rasa. Berfikir kreatif dan inovatif adalah kunci sukses bagi wirausaha Anda.

6. Jujur
Dalam hal apapun juga hendaklah Anda selalu berperilaku jujur, karena dari kejujuran tersebut akan timbul sebuh kepercayaan. Sebagai pelaku usaha hendaklah Anda memiliki sifat jujur jika usaha Anda ingin dikenal oleh banyak orang dan dipercaya oleh konsumen-konsumen Anda.
(aliffajri06)



Baca Artikel Terkait: