Ucapkan Salam Agar Kamu Sehat

Hasil gambar untuk ucapkan salam
gambar;arrahmah.com
SEBAGAI makhluk sosial, kita harus terbiasa saling bertutur kata dengan baik dan benar terhadap sesama. Sebab, itulah yang akan membuat kerukunan dalam lingkungan masyarakat antara satu individu dengan individu lainnya. Dan ternyata, Allah SWT telah mengaturnya dengan anjuran saling menyapa dan mendoakan. Hal ini tercantum dalam perintahnya untuk senantiasa terbiasa mengucap dan menjawab salam pada orang lain.
Hukum mengucap salam itu sunnah bagi setiap insan. Akan tetapi, bagi yang menjawab itu wajib. Sebab, dalam ungkapan kata “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu” mengandung doa yang sangat dahsyat. Untuk itu, mendoakan kembali adalah suatu perbuatan yang bijak.
Nah, ternyata ada pula kaitan antara salam dan kesehatan lho. Apakah itu?
Dalam Syarah Riyadhus Shalihin, Syaikh Al-Utsaimin mengucapkan bahwa as-salam mempunyai makna ad-du’a, yaitu doa keselamatan dari segala sesuatu yang membahayakan, merugikan atau merusak. Misalnya, apabila kita mengucapkan assalamu’alaikum kepada seseorang, maknanya kalian berdoa kepada Allah agar senantiasa menyemalatkan diri segala penyakit, kemaksiatan, keburukan manusia dan diselamatkan dari api neraka.
Ucapan salam dan kesehatan memang tidak berkolerasi secara langsung, melainkan bahwa dalam kandungan makna ucapan salam terkandung sebuah doa untuk seseorang agar terselamatkan (terhindarkan) dari penyakit.
Maka, tidak heran jikalau salah satu adab menjenguk orang sakit yang pertama kali diucapkan adalah ucapan salam kepada si penderita. Maka dari itu, dalam ucapan salam tersebut mengandung dua tujuan, yaitu menyapa si penderita dan mendoakan kesembuhan kepadanya. []
Referensi: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat?/Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman/Penerbit: Aqwamedika
(islampos)