10 Fenomena Astronomis yang akan Terjadi Tahun 2016


10 Fenomena Astronomis Paling Ditunggu Tahun 2016

afdhalilahi.com - Banyak sekali fenomena astronomis yang akan terjadi ditahun 2016 ini, namun ada beberapa fenomena yang dianggap paling istimewa dan layak ditunggu ditahun 2016 ini diantaranya:
Tanggal:


1.) 8 Maret 2016, Oposisi Jupiter

Pada tanggal ini Matahari – Bumi – Jupiter berada pada garis lurus, dimana jupiter akan mencapai puncak kecerlangannya dilangit malam, jupiter akan terlihat terang sekali dengan magnitudo semu -2,2.


2.) 9 Maret 2016, Gerhana Matahari Total


Inilah peristiwa yang paling ditunggu dan sangat istimewa khususnya bagi masyarakat Indonesia, dimana garis totalitas gerhana akan menyapu beberapa wilayah di Indonesia. Ada 10 Provinsi yang terdampak Gerhana Matahari Total (Bengkulu, Sumsel, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulbar, Sulteng, dan Maluku Utara). Dibeberapa daerah yang saya sebutkan diatas akan merasakan sensasi kegelapan mendadak akibat gerhana total seperti waktu shubuh untuk beberapa menit.


Diluar jalur totalitas gerhana matahari total seluruh wilayah di Indonesia juga dari sabang – merauke bisa menyaksikan gerhana matahari sebagiannya saja dengan intensitas yang cukup beragam antara 60% - 99%. Jadi seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati gerhana matahari baik total maupun sebagian. 


3.) 6-7 Mei 2016, Puncak Hujan Meteor Eta-Aquarids


Merupakan hujan meteor yang intens dimana pada puncaknya hujan meteor ini bisa menghasilkan lesatan meteor sebanyank 60 meteor/jam. Humet ini akan muncul pada konstelasi rasi aquarius namun bisa disaksikan dari arah mana saja. Humet ini disaksikan mulai pukul 00.00-05.00 waktu setempat, bulan jatuh pada fase akhir tidak mempengaruhi pengamatan hujan meteor.


4.) 22 Mei 2016, Oposisi Mars

Dimana Matahari – Bumi – Mars akan segaris lurus yang mengakibatkan mars akan tampak lebih terang daripada biasanya, mars akan tampak cerah sekali pada bulan mei 2016 ini dan akan mencapai puncaknya tanggal 22 Mei dimana mars akan terlihat cerlang dengan magnitudo semu -1,8.


5.) 3 Juni 2016, Oposisi Saturnus

Kembali lagi fenomena oposisi akan terjadi namun kali ini saturnus akan menjadi obyeknya, saturnus akan tampak mempesona jika diamati dengan teleskop karena akan terlihat purnama dengan keindahan cincinnya. Jika secara kasat mata kita akan melihat saturnus cukup terang sepanjang malam dengan magnitudo semu +0,2.


6.) 12-13 Agustus 2016, Puncak Hujan Meteor Perseids

Hujan meteor terindah ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 12-13 Agustus dimana akan ada lesatan 100 meteor/jam dan memungkinkan kita juga bisa menyakskian fireball. Humet ini muncul di konstelasi rasi perseus, bisa disaksikan mulai pukul 01.00 – 05.00 waktu setempat.


7.) 27 Agustus 2016, Super Konjungsi Venus & Jupiter

Kita akan bertemu kembali dengan fenomena cantik ini, pada hari itu Venus & Jupiter akan terlihat mesra sekali dilangit barat saat senja dengan jarak sangat dekat sekali kurang dari 1’ derajat, bisa disaksikan mulai pukul 18.00 – 19.00 waktu setempat.


8.) 1 September 2016, Gerhana Matahri Cincin

Fenomena gerhana matahari cincin ini tidak teramati dari Indonesia, karena lintasan cincinnya akan menyapu negara-negara di Afrika tengah. Namun diakhir kontak panumbra gerhana wilayah Indonesia khususnya (Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta) bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian saat sunset, Indah bukan melihat sunset + gerhana. Jangan sampai terlewatkan fenomena ini.


9.) 16 September 2016, Gerhana Bulan Panumbra


Fenomena gerhana bulan ini termasuk gerhana bulan kasat mata karena bulan tampak biasa saja saat gerhana bulan panumbra, dimana bulan hanya masuk bayang-bayang panumbra (samar) bukan umbra (gelap) namun jika diamati dengan teleskop akan terlihat ada bagian bulan yang sedikit gelap karena efek dekat bayangan umbra (gelap). Di Indonesia peristiwa ini dapat diamati lepas tengah malam.


10.) 14 November 2016, Full Moon Perigee (SUPERMOON)

Bulan Purnama akan mencapai titik terdekatnya dengan bumi dengn jarak sekitar 350.000 km, pada hari itu Bulan akan tampak terang 30% dan tampak lebih besar 14% dari bulan purnama biasanya.(astronomiinfo)

0 Response to "10 Fenomena Astronomis yang akan Terjadi Tahun 2016"