Kemampuan Penalaran Representatif



Kemampuan Penalaran Representatif
Hasil gambar untuk matematika

Kemampuan Penalaran Representatif adalah ungkapan ungkapan dari ide matematis yang di tampilkan siswa sebagai model atau bentuk pengganti dari suatu situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang sedang di hadapi sebagai hasil dari interpretasi pikirannya. Menurut Hudiono (2005:17) menyatakan bahwa kemampuan respresentasi dapat memudahkan dan memahami konsep konsep matematika yang di pelajari dan mengenal keterkaitan (koneksi) di antara konsep konsep matematika ataupun menerapkan matematika pada permasalahan matematik realistik melalui pemodelan.

Dalam pengembangan representasi matematika perlu diperhatikan indikatorindikator untuk tercapainya peningkatan representasi matematika. Berdasarkan uraian di atas indikator representasi yang akan diteliti adalah:

a. Menciptakan dan menggunakan representasi untuk mengorganisir, mencatat, dan mengkomunikasikan ide-ide matematika;

b. Memilih, menerapkan, dan menerjemahkan representasi matematika untuk memecahkan masalah.

Contoh soal :

Dalam keluarga Pak Andi, Pak Andi lebih tua dari Bu Andi. Anak-anak mereka adalah Gina, Indra, dan Mira. Gina adalah anak sulung dan Mira adalah anak bungsu. Gambarlah diagram panah untuk menunjukan relasi “lebih tua dari” pada keluarga Pak Andi!

c. Menggunakan representasi untuk memodelkan dan menginterpretasikan fenomena fisik, sosial, dan fenomena matematika.