Lamban Tangani Krisis Pengungsi Suriah, Uni Eropa Dikecam


BRUSSELS Organisasi Internasional Dokter Lintas Batas (MSF) mengecam Uni Eropa yang dinilai lamban dalam memberikan bantuan kepada para pengungsi Suriah.

Salah seorang Dokter Lintas Batas mengatakan bahwa Uni Eropa bukan hanya gagal dalam menangani kriris para pengungsi Suriah, namun telah menciptakan bisnis bagi para penyelundup asal Yunani.

Dalam sebuah laporan yang dirilis MSF, Selasa (19/1), MSF mendapatkan kesaksian dari staf dan pasien serta data medis yang merinci para pengungsi terburuk dialami oleh mereka yang tidak mendapatkan bantuan dari Uni Eropa.

“Tidak hanya Uni Eropa yang gagal menangani krisis, pemerintah Eropa pun telah gagal mengatasi krisis yang mengakibatkan banyak para pengungsi melarikan diri,” ujar Direktur Operasi MSF, Brice de le Vingne, Selasa (19/1), lansir kantor berita Anadolu.

MSF juga mendesak Uni Eropa untuk membuat rute aman dan hukum bagi orang-orang yang mencari suaka, termasuk di perbatasan darat antara Turki dan Yunani, untuk mengurangi permintaan jaringan penyelundupan manusia. (Anadolu/salam-online)

0 Response to "Lamban Tangani Krisis Pengungsi Suriah, Uni Eropa Dikecam"