Penemuan Besar Wahana NASA New Horizons Saat Melintas Dekat Planet Pluto

Penemuan Besar Wahana NASA New Horizons Saat Melintas Dekat Planet Pluto

Ilustrasi wahana antariksa NASA New Horizons dan planet kerdil Pluto



Wahana antariksa NASA New Horizons, telah membeberkan serangkaian rincian baru tentang planet es ini setelah melakukan terbang lintas bersejarah dekat Pluto pada 14 Juli. 

Dengan menggunakan instrumen ilmu pengetahuan, wahana ini terus menjepret gambar close-up dan mengumpulkan data ilmiah, memberikan para ilmuwan pemahaman yang mendalam tentang Pluto dan bulan-bulannya.

Berikut ini lima penemuan besar yang dibuat New Horizons saat melintas dekat Pluto :

1. Ukuran Pluto Sebenarnya
New Horizons telah menjawab salah satu pertanyaan yang paling dasar tentang Pluto - ukurannya. Ilmuwan misi menemukan bahwa Pluto memiliki diameter 1.473 mil (2.370 kilometer), agak lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya.

2. Langit Biru Dan Es Air Di Pluto
Setelah terbang lintas dekat Pluto, New Horizons mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang kabut atmosfer planet kerdil itu. Ini menunjukkan bahwa dunia es ini memiliki langit biru dan adaya es air berwarna merah cerah di permukaannya.

3. Struktur Berbentuk Hati Di Pluto
Sebelum melintas dekat Pluto, wahana NH yang berukuran seperti piano ini melihat struktur berbentuk hati yang hampir sempurna di permukaan merah berkarat Pluto. Wilayah berbentuk hati ini dinamakan sebagai Tombaugh Regio untuk menghormati nama penemu planet kerdil Pluto, Clyde Tombaugh. 

4. Wajah Charon
NASA juga merilis gambar warna terbaik dan gambar resolusi tertinggi bulan terbesar pluto, Charon. Gambar Charo menunjukkan bahwa ia ditutupi dengan pegunungan, lembah, tanah longsor dan tanda geografis lainnya. Ukuran asli Charon juga terungkap, memiliki diameter sebesar 1.207 km, sekitar setengah dari diameter Pluto.
New Horizons juga mengungkapkan bahwa Charon memiliki dataran muda & daerah gelap di utara yang dijuluki 'Mordor'. 

5. Pandangan Pertama Dari Bulan Kecil Pluto
Pada bulan Februari, New Horizons melihat bulan kecil Nix dan Hydra mengorbit Pluto. Ia juga memotret bulan terkecil Pluto 'Styx'.
Pada bulan Oktober, pesawat ruang angkasa ini kembali mengirim beberapa gambar indah dari Bulan kecil Pluto, Kerberos, dan menyelesaikan potret keluarga dari sistim planet kerdil Pluto.(astroborneo)

0 Response to "Penemuan Besar Wahana NASA New Horizons Saat Melintas Dekat Planet Pluto"