Tahun Ini Gaji PNS tak Naik, tapi Ada Gaji ke-14


Ilustrasi : Pegawai Negeri Sipil (foto: fajar.co.id)

Jakarta, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pada tahun anggaran 2016 ini pemerintah belum bisa merealisasikan kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai tujuh persen. 

Namun demikian, pemerintah akan tetap memberikan pemasukan ekstra bagi PNS, dengan memberikan gaji ke-13 dan ke-14.

“Jadi kok gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu pada saat lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangannya Kementerian Keuangan,” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (25/1/2016).

Mendagri meyakini, gaji ke-14 ini akan menjadi ekstra pemasukan bagi para pegawai. Meski sebelumnya, pemerintah sempat mewacanakan adanya kenaikan gaji, namun belum bisa direalisasikan. Pasalnya, harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai tujuh persen.

Sebelumnya Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengemukakan, sebagai pengganti kenaikan gaji PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2016 berupa pemberian gaji ke-14, pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar enam triliun dalam APBN 2016.

Politisi PDIP itu juga mengemukakan, pemerintah sedang menyiapkan regulasi mengenai dana taktis kepala daerah. 

Regulasi ini dimaksudkan sebagai upaya agar dalam melaksanakan pemerintahan, tidak ada kendala yang berarti saat benar-benar ada kepentingan atau keperluan mendesak dalam urusan pemerintahan.

“Rp100 miliar dana taktis kepala daerah mulai tahun ini sudah saya siapkan. Agar kepala daerah tidak lagi terkendala dalam melaksanakan pemerintahan,” ucap Tjahjo.
sumber: setkab.go.id/suaraislam

0 Response to "Tahun Ini Gaji PNS tak Naik, tapi Ada Gaji ke-14"