Akhirnya, Komunitas Muslim Sleaford Miliki Area Pemakaman Khusus


LINCOLNSHIRE --  Dewan Kota Sleaford, Lincolnshire, Inggris telah menyetujui disiapkannya area khusus Muslim di pemakaman kota. Dilansir dari Sleaford Standard, Kamis (24/3), setelah negosiasi berjalan selama beberapa waktu oleh komunitas Muslim setempat, akhirnya pemerintah kota menyetujui usulan tersebut.

Adanya area pemakaman yang dapat mengakomodasi tradisi menguburkan jenazah Muslim telah diperjuangkan cukup lama oleh umat Islam Sleaford. "Kami telah cukup lama berusaha menyediakan area pemakaman untuk komunitas Muslim," jelas Walikota Sleaford, Garry Titmus. Hal tersebut disampaikannya pada rapat dewan kota, Rabu (23/3) lalu.

Sebuah area telah direkomendasikan oleh Komite Pelayanan Kota. Kini seluruh dewan kota telah menyetujui persiapan yang ada. Staf dewan kota akan mendapatkan pelatihan dalam aturan-aturan menguburkan jenazah Muslim.

Anggota Komunitas Muslim Sleaford, Nadim Aziz, menyatakan warga penganut Islam daerah tersebut semakin berkembang. Oleh karena itu, Muslim Sleaford membutuhkan adanya pemakaman yang mengakomodasi tradisi menguburkan jenazah dalam Islam, yang dekat dan mudah diakses.

Selama ini komunitas Muslim harus menguburkan jenazah keluarga mereka di kota-kota besar seperti London, Bradford, dan Leeds, di mana pemakaman kota-kota tersebut memang telah menyediakan area khusus Muslim.

Dengan terwujudnya area pemakaman khusus Muslim, Aziz mengucapkan terima kasih pada dewan kota yang mau mendengarkan aspirasi warga Muslim. "Dewan kota selama ini sangat membantu, terima kasih sebesar-besarnya dari komunitas Muslim kami ucapkan untuk seluruh anggota dewan," tutur Aziz./Republika online