Cara Mengatasi Lelah Pasca Melahirkan



Ilustrasi: Ibu dan Bayi

Setelah melalui perjuangan dan pengorbanan ibu dalam menjaga dan merawat kehamilan serta proses persalinan, bukan berarti tugas seorang Ibu usai. Ibu masih akan melanjutkan perjuangan merawat dan menjaga si kecil yang baru saja terlahir ke dunia, karena akan banyak sekali perubahan yang dialami selama masa nifas dan menyusui. Oleh sebab itu, penting kiranya bagi Ibu yang mengalami kehamilan pertama untuk membekali diri dengan pengetahuan pasca persalinan.

Saat awal menjadi Ibu baru, banyak di antara kita merasakan keletihan. Hal ini wajar dialami setiap ibu yang baru mengalami kehamilan dan persalinan pertama. Akan tetapi apabila rasa letih itu terus berlanjut, tentu berpengaruh dalam proses merawat si kecil, sebab rasa lelah akan membuat Ibu kesulitan untuk beradaptasi dalam membesarkan sang buah hati.

Rasa letih yang dialami ibu yang baru saja melahirkan, biasanya disebabkan kurang terpenuhinya istirahat pada malam hari. Belum teraturnya waktu tidur dan menyusui pada bayi tentunya perlu perhatian khusus dari Ibu, sehingga para ibu harus mengorbankan waktu istirahat malamnya demi memenuhi kebutuhan si kecil.

Penyebab lain dari keletihan yang dirasakan ibu baru dikarenakan tiroid yang kurang aktif atau dikenal dengan istilah hypothyroidism. Fungsi dari hormon tiroid yakni untuk mengatur kecepatan metabolisme. Kondisi ini yang menyebabkan metabolisme menjadi lambat hingga seringkali membuat Ibu merasakan kelelahan yang sangat.

Penting diketahui, intoleransi terhadap makanan ringan ternyata dapat membuat Ibu mengalami rasa ngantuk dalam skala sering. Untuk kelelahan yang terjadi disebabkan intoleransi makanan ringan, ada baiknya Ibu menghindari makanan yang dapat merangsang rasa ngantuk dalam waktu 10-30 menit setelah menganutnya.

Meski demikian, ada  beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi keletihan tersebut.

Beristirahatlah saat bayi beristirahat

Pergunakan waktu sebaik mungkin ketika menjadi ibu baru. Ibu dapat mencuri waktu istirahat bayi di siang hari dengan bersama-sama beristirahat, kemudian di malam hari Ibu dapat meminta bantuan suami ketika ketika bayi Ibu terbangun. Dengan begitu peranan Ibu dan juga suami dapat terbagi dengan tugas - tugas yang baik.

Istirahat berkualitas

Menggunakan lampu tidur ketika istirahat malam, dapat membuat bayi terbiasa membedakan antara siang dengan malam. Sehingga tidur Ibu dan juga bayi lebih berkualitas dikarenakan jadwal tidur yang tepat dengan kondisi yang tepat pula.

Pentingnya Sarapan Pagi

Untuk melengkapi asupan nutrisi berupa karbohidrat dan protein serta vitamin, sempatkan diri untuk sarapan. Karena hal itu dapat mendukung Ibu dalam melakukan aktivitas sehingga tidak terjadi kelelahan. Hal ini yang sering disepelekan para Ibu baru dengan alasan mengurus anak. Padahal sarapan pagi penting dilakukan untuk memenuhi gizi si kecil yang masih menyusui.

Banyak minum air putih

Kurangnya cairan yang ditandai dengan berubahnya warna urine juga dapat menyebabkan kelelahan. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan harian dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak kurang lebih delapan gelas per hari.
/suaraislam

0 Response to "Cara Mengatasi Lelah Pasca Melahirkan"

Posting Komentar