Cara Mudah Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Anda

Cara Mudah Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Anda



Mempunyai blog dengan jumlah pengunjung ratusan, ribuan dan bahkan puluhan ribuan atau lebih adalah idaman bagi setiap blogger. Selain dengan memiliki blog yang banyak pengunjung kita bisa dengan mudah mendapatkan income atau penghasilan dari iklan juga ada rasa bangga jika memiliki blog yang bertrafik tinggi.

Oleh karena itu, banyak blogger yang berlomba-lomba mengerahkan segala cara untuk mencapainya, dari cara white hat hingga black hat dengan cara menjadi spammer.
Meningkatkan trafik pengunjung blog sebenarnya mudah dilakukan, tapi ini tentu saja bagi yang sudah tahu triknya dan tentu saja pengalaman.

Setiap orang punya jurus dan cara sendiri dan berbeda untuk membuat blognya memiliki trafik pengunjung blog yang banyak.

1. Perbanyak artikel
Semakin banyak artikel atau tulisan di blog maka semakin besar pula jumlah pengunjung atau trafik blog. Coba bayangkan, jika dalam 1 blog ada 1000 artikel dan setiap artikel dikunjungi oleh 1 orang saja saja setiap harinya, bukankah itu berarti blog kita sudah mendapatkan 1000 pengunjung per harinya?


2. Hot isu atau trending topic saat ini
Menulis artikel tentang berita yang saat ini sedang menjadi hot topik adalah cara terbaik dan cepat untuk meningkatkan trafik, apalagi jika masih jarang blog lain yang membahasnya. Kita bisa coba tulis artikel tentang entertainment, artis, musik atau film yang akan segera tayang di bioskop. Untuk ini kita harus rajin-rajin nonton TV baik gosip ataupun berita :)

Kendala menulis artikel yang menjadi trending topic saat ini adalah pencarian artikel atau berita tersebut hanya bersifat sementara. Saat berita sudah tidak menjadi hot isu lagi maka pencarian akan berhenti. Trafik pun akan menurun.

3. Artikel yang bermanfaat
Bila anda adalah salah satu blogger malas (seperti saya ) maka cara menulis artikel di blog yang paling baik adalah menulis artikel yang bermanfaat yang sekiranya artikel tersebut akan terus dicari, tidak perduli saat ini atau nanti sampai kapanpun. Kita bisa menulis artikel tentang tips kesehatan, keluarga, kecantikan atau tips dan triks lainnya.

Kendalanya menulis artikel jenis ini tentu saja trafik tidak bisa secara langsung melonjak seperti saat menulis artikel berita yang menjadi trending topic. Namun dengan menulis cara ini, meskipun blog kita biarkan beberapa lama pengunjung tetap akan ada.

4. Buat blog yang mempunya Niche atau branding

Kita bisa coba buat blog yang isinya khusus membahas tentang teknologi, kesehatan, keluarga atau tips kecantikan. Dengan mempunyai blog seperti ini pengunjung tentunya akan lebih mudah mengingat blog kita. Misalnya blog tentang kesehatan, saat pengunjung mengalami keluhan tentang kesehatan maka dia akan langsung mencari alternatif pengobatan atau tips langsung ke blog kita yang membahas tentang kesehatan.
Selain itu, blog yang mempunyai niche atau brand khusus akan jadi terlihat lebih profesional.

5. Tambahkan fasilitas berbagi
Berikan fasilitas untuk memudahkan pengunjung membagikan artikel ke teman-temannya. Caranya bisa dengan memasang tombol share untuk berbagi ke Facebook, Twitter, Google plus, Pinterest, email atau jejaring sosial lainnya.

6. Rajin blogwalking atau berkunjung ke blog lain
Blogwalking adalah cara paling ampuh untuk mendatangkan trafik atau pengunjung. Sesuai tujuan blogwalking adalah untuk bersilaturrahmi sekalian memperkenalkan blog kita.

Jangan lupa untuk memasukkan url blog kita pada kolong url yang sudah disediakan dikotak komentar.
Selain itu usahakan untuk memberikan komentar sesuai dengan topik yang dibahas dalam artikel yang anda komentari. Jika komentar kita berkualitas, pemilik blog pun akan menghargai kita dengan mengunjungi balik, begitu juga pengunjung lainnya yang membaca komentar kita

7. Kuasai teknik SEO
Untuk dapat bersaing dalam search engine atau mesin pencari, kita harus belajar yang namanya SEO. Pelajari bagaimana mengatur struktur tagline halaman blog dan bagaiamana cara menulis artikel yang baik agar cepat terindeks dan mudah ditemukan di mesin pencari.

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk meningkatkan trafik pengunjung blog, namun saya tidak bisa membahasnya semua disini. Anda bisa belajar sendiri tentang bagaimana teknik seo untuk meningkatkan trafik blog dari blog-blog yang anda kunjungi saat blogwalking.
Semoga tulisan saya tentang cara meningkatkan trafik pengunjung blog diatas dapat bermanfaat.( inicaraku)

8 Responses to "Cara Mudah Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Anda"

  1. ijin save jadi boomark gan
    cara nya panjang biar bisa di praktekkin satu2

    BalasHapus
  2. yang penting sih melakukan promosi ke semua sosmed gan, tanpa hal itu gak bakal dapet trafik yang tinggi :>)

    BalasHapus
  3. teknik seo nya yang susah gan,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhee iyaa gan, tp klo mw bljr psti bsa :-d :-d

      Hapus