Keajaiban Indonesia Terlihat dari Luar Angkasa

Keajaiban Indonesia Terlihat dari Luar Angkasa
Foto Dari Angkasa (nasa.gov)


Keindahan rangkaian pulau-pulau di Indonesia berhasil diabadikan oleh astronot dari luar angkasa. Dalam foto itu terlihat barisan pulau dari Jawa hingga Lombok.

Dikutip Dream dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), biasanya wilayah Indonesia yang berada di ekuator diselubungi awan. Tapi saat pemotretan itu, hanya sedikit awan yang menutup.

Biasanya, asap yang menutup wilayah Indonesia berasal dari api akibat petir dan juga akibat pembakaran hutan di wilayah Indonesia dan Australia bagian utara.

Dan saat pemotretan ini, asap yang biasa bergumpal itu hanya terlihat tipis. Cuaca pun cerah. Sehingga deretan pulau itu terlihat dengan jelas, seperti dalam gambar berikut ini:


Dengan menggunakan lensa pendek, astronot menangkap wilayah Indonesia dari bagian barat hingga timur. Jawa menjadi latar terdepan dalam foto itu. Diikuti Pulau Bali dan Lombok pada bagian tengah, dan pulau-pulau kecil berada pada bagian ujung.

Pulau-pulau semacam Sumba dan Timor hampir tak terlihat, karena memang jarak saat pemotretan itu lumayan jauh, sekitar 1.600 kilometer dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Wilayah yang paling terang memantulkan sinar matahari adalah Surabaya, wilayah yang dihuni sekitar 2,8 juta jiwa. Kota terbesar di Indonesia, setelah Ibukota Jakarta.

Rangkaian pegunungan berapi juga terlihat dari foto itu. Asap-asap terlihat jelas meruap dari pucuk-pucuknya. Semua tergambar dengan jelas. Keajaiban alam ini mengundang decak kagum.

Kepulan asap putih menunjukkan setidaknya ada enam gunung berapi yang terlihat dari ISS. Terkadang, dari asap-asap itu juga menyembul api.

Deretan gunung seolah menjadi tulang utama rangkaian pulau ini, terbentuk oleh tabrakan lempeng tektonik Australia dengan lempeng Asia. (dream)

0 Response to "Keajaiban Indonesia Terlihat dari Luar Angkasa"

Posting Komentar