Kunci Sukses: Sukses Bersama Alquran

Oleh: Imam Nur Suharno

JAKARTA -- Ujian nasional (UN) akan kembali dilaksanakan. Dalam menghadapi UN, tidak sedikit siswa yang menggunakan cara instan, seperti sistem kebut semalaman (SKS) hingga menyontek secara terorganisasi. Jika berhasil (lulus UN), maka ilmu yang didapat tidak akan berkah.

Jika demikian, UN hanya akan mengantarkan siswa menjadi insan yang cerdas secara intelektual tetapi lemah secara spiritual. Selain persiapan secara akademis, ada upaya spiritual yang perlu dilakukan agar siswa dapat meraih sukses dalam UN.

Jika datang pertolongan Allah, maka kesuksesan itu pasti akan mudah diraih (QS an-Nashr [110]: 1). Bagaimana agar datang pertolongan Allah SWT? Di antaranya memperbanyak doa, terutama di sepertiga waktu malam. Selain dengan usaha belajar secara intensif, siswa hendaknya membiasakan diri dengan shalat Tahajud, dan doa (permohonan) yang mengiringi dalam Tahajud itu akan lebih mudah untuk dikabulkan.

Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah, sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki, seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah SWT berfirman kepada para Malaikat-Nya, 'Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?' Mereka menjawab, 'Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.' Allah berfirman, 'Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.'" (HR Ahmad).

Dan, jangan lupa untuk selalu membaca Alquran. Selain akan merasakan ketenangan jiwa, orang (siswa) yang sibuk dengan Alquran akan diberikan kemudahan dalam meraih setiap keinginan, termasuk kemudahan dalam menghadapi UN.

Dalam sebuah hadis qudsi dinyatakan, "Barang siapa yang disibukkan oleh Alquran sehingga ia tidak sempat meminta (berdoa) kepada-Ku, akan Aku berikan kepadanya sesuatu yang paling baik yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta, dan keutamaan kalam Allah terhadap seluruh kalam selainnya adalah seperti keutamaan Allah terhadap seluruh makhluk-Nya." (HR Ahmad dan Thabrani).

Dengan demikian, jika setiap siswa yang mengikuti UN berharap dapat lulus dengan nilai terbaik, maka siswa yang sibuk dengan Alquran melalui aktivitas tilawah maupun menghafal dengan tetap belajar secara intensif, maka ia akan mendapatkan jaminan kemudahan dan meraih kesuksesan dalam UN.

Karena itu, sebelum, selama, dan setelah ujian nasional, siswa hendaknya tetap istiqamah dalam berinteraksi dengan Alquran sehingga kesuksesan akan selalu menyertainya. Yakinlah!
/ republika online