-->

Rabu, 23 Maret 2016


Pentingnya Pendidikan Di Era Globalisasi

Era globalisasi saat ini, manusia dapat mengakses beragam informasi serya memanfaatkan segala kemajuan yang ada. Perkembangan yang dapat dinikmati manusia antara lain adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di jaman yang serba canggih seperti saat ini, tentu saja manusia dapat dengan mudah memperoleh berita atau perkembangan terkini suatu bidang tertentu. Misalnya saja perkembangan gadget. Sekarang manusia dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang yang berada di benua yang berbeda. Sehingga, hal ini membuat hidup manusia semakin mudah.

Globalisasi mendatangkan manfaat bagi manusia. Namun, manusia juga perlu mencermati dan menyikapi hal ini dengan bijak. Salah satu caranya adalah melalui penanaman nilai dan norma. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan merupakan cara untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dari nilai dan norma yang penting di masyarakat. Sebaiknya, pendidikan ditanamkan semenjak dini. Selain itu, pendidikan juga merupakan bekal bagi si anak di masa depan. Di era globalisasi, tentu pendidikan sangat penting. Pentingnya pendidikan di era globalisasi antara lain adalah sebagai berikut.
Pentingnya Pendidikan Di Era Globalisasi

Pertama, pendidikan memberikan pemahaman mengenai suatu hal. Perkembangan ilmu pengetahuan tentu harus dibarengi dengan pemahaman atas dasar ilmu itu sendiri. Misalnya saja ilmu biologi. Sekarang ini telah banyak riset-riset yang dilakukan berkenaan dengan perkembangan ilmu tersebut. Namun, apabila pemahaman dasar mengenai ilmu biologi tidak dikuasai, maka dapat dimungkinkan ada orang yang menyalahgunakan ilmu yang dimilikinya, misalnya saja dengan membuat senjata biologis memusnah massal.


Kedua, pendidikan penting sebagai bekal yang untuk masa depan anak dan bangsa. Globalisasi telah membuat persaingan menjadi lebih sengit. Anda tidak hanya bersaing dengan orang di negara Anda sendiri tetapi juga dengan orang di seluruh dunia. Setaip orang berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang unggul dibanding yang lain. Sehingga, Anda perlu memiliki nilai tambah atau kemampuan lebih yang unik agar dapat bersaing. Salah satu cara untuk memperoleh kemampuan tersebut adalah melalui pendidikan. Oleh karena itu, jangan sepelekan pendidikan karena pendidikan merupakan salah satu kunci agar dapat bertahan dan bersaing di era globalisasi./duniapelajar



Baca Artikel Terkait: