Sempurnanya Peradaban Islam

Ilustrasi: www.a-filsafat.com

Oleh: Susi Susila, [email protected]

TERINGAT di masalalu, ketika baca buku dan artikel. Islam hadir di mana dunia ada dalam kejahiliyahannya, tapi Islam mampu bermetamorfosa menyebar keseluruh dunia mulai dari Rasulullah SAW., hingga para sahabat yang menjadi Khalifah.

Sejarah membuktikan bahwa Islam mampu menguasai 2/3 dunia dalam 13 abad lamanya. Ini menunjukkan bahwa Islam dapat menjadi aturan bagi manusia, hewan, kehidupan. Hingga Islam disebut sebagai rahmatanlil’alamin.

Padamasanya, Islam mampu berjaya dalam segala bidang, mulai dari bidang ilmu pengetahuan, teknologi, system kenegaraan, seni bangunan atau arsitektur, seni sastra dll. Selain hal keduniawian, Islam juga mampu mengatur kehidupan di dunia agar bahagia di akhirat. Diawali oleh pembawa dan penyebar risalah Islamya itu Rosulullah SAW yang mampu mengIslamkan keluarga hingga parasahabat dan orang Mekkah-Madinah (Saat itu bernama Yastrib). Selain itu pembawa risallah itu mampu menerapkan aturan Islam untuk pertamakalinya di Madinah, hingga Islam tersebar. Islam mulai menguasai daerah Arab, Afganistan, Irak, Mesir dan Islam mampu menguasai sebagian Benua Eropa. Islam pada masa Bani Umayyah, mulai menampakkan pamor keemasannya. Islam mampu mengganti bahasa administrasi dari bahasaYunani dan Pahlawi kebahasa Arab, dengan demikian bahasa Arab menjadi bahasa resmi yang harus dipelajari, hingga mendorong Imam Sibawaih menyusun Al-Kitab yang menjadi pedoman dalam tata bahasa Arab. Bahasa Al quran pun yaitu bahasa arab mampu menjadi bahasa internasional pada saat itu.

Islam mampu melahirkan para ilmuan, sastrawan, para ulama seperti Imam Muslim, Imam Bukhari, Imam Malik, Imam Syafi’I, Abu Hanifah, Ahmad bin Hambal, serta mufassir terkenal ath-Thabari, sejarawan Ibnu Hisyam dan Ibnu Sa’ad. Masih ada lagi yang bergerak dalam ilmu kalam dan teologi, seperti Washil bin Atha’, Ibnu al-Huzail, al-Allaf, Abu al-Hasan al-Asyari, al-Maturidi, bahkan tokoh tasawuf dan mistisisme seperti, Zunnun al-Misri, Abu Yazid al-Bustami, Husain bin Mansur al-Hallaj, dan sebagainya.

Inilah salah satu kesempurnaan Islam, bahwa Islam tidak hanya mengatur masalah dunia seperti ilmu teknologi seni dll. Namun Islam mengatur masalah akhirat yang bisa mengatasi dan mengawasi aktivitas kehidupan kita, karena jangan kita terlena dengan masa keemasan Islam hingga melupakan Sang Pancipta.

Begitu sempurnanya peradaban Islam hingga dunia mengakui bahwa peradaban Islam mampu mempengaruhi ilmu pengetahuan di dunia. Memang benar bahwa Islam datang sebagai cahaya atau penerang dalam kegelapan di masa kejahiliyahan. Inilah yang membuat kita rindu pada aturan Islam yang mampu menciptakan peradaban hingga mengukir kejayaannya dalam tinta sejarah. Saatnya untuk mewujudkan Islam yang rahmatanlilalamin kembali./islampos