Ada Yang Tahu Kenapa Hari Minggu Jadi Hari Libur? Alasanya..




Dalam setiap minggu tentunya kita akan menjumpai Hari Minggu, dimana hampir semua orang baik anak sekolah maupun orang kantoran tidak melakukan kegiatan aktivitasnya alias libur, namun pernahkah anda bertanya kenapa hari minggu bisa dijadikan hari libur? kenapa tidak diletakan dihari lainnya ?

Berikut akan kami bahas artikel kami mengenai Asal - Usul mengenai hari minggu yang kami lansir dari history.com, konon katanya hari minggu merupakan awal mula tradisi sejarah Romawi kuno Italia, kenapa ditetapkan nya hari minggu sebagai hari libur. menurut orang bangsa Romawi, setiap hari kita akan mengawali setiap pekan adalah hari Minggu bukan hari Senin, lantas hal ini diterapkan hampir diseluruh Negara di dunia. kecuali beberapa negara tertentu seperti Arab yang menetapkan hari Jumat sebagai hari liburnya.

Pada Zaman dahulu para warga romawi kuno melakukan aktivitas kegiatan beribadah dihari minggu. sangkin kuatnya umat romawi beragama mereka tidak ingin melewatkan sedikitpun ibadahnya, mereka membuat sebuah tanda merah di hari minggu, agar semua warga diromawi bisa menghentikan aktivitasnya dan bisa ikut beribadah dihari minggu. adapun tanda hari besar / bersejarah lainnya ditandai dengan warna merah yang sekarang terdapat pada kalender kita.

Seiring berjalannya waktu, pada zaman Romawi kuno mereka banyak menguasai berbagai negara-negara Eropa, yang diantaranya seperti Inggris, Jerman, Belanda, Prancis, dan negara-negara lainnya. kemudian dari sinilah tradisi hari libur juga diwariskan kepada negara-negara tersebut.

Tidak terkecuali kepada Negara Indonesia yang pernah dijajahi oleh Belanda selama 350 tahun tentu mewariskan tradisi mereka kepada Indonesia untuk menetapkan hari minggu sebagai hari libur.

Tradisi libur di hari minggu, masih tetap berjalan sampai sekarang dan diberlakukan di negara Indonesia. dengan alasan orang-orang yang telah bekerja keras selama jangka waktu enam hari pasti membutuhkan waktu untuk bisa beristirahat maupun berlibur dihari minggu./celotehanmuslim