Ajak Anak-anak Cintai Masjid, Wali Kota Bandung Resmikan Program Magrib Mengaji


Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama anak-anak saat peluncuran program Magrib Mengaji. (foto:detik)

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil resmi membuka program Magrib Mengaji. Peluncuran ditandai dengan pembacaan surat Ar-Rahman oleh Ridwan Kamil dan Putri bungsunya Camilia Azzahra.

Keduanya secara bergantian membacakan setiap ayat dengan khusyuk. Mendampingi keduanya, ada ibunda tercinta dari orang nomor satu di Bandung tersebut. Istrinya, Atalia, tidak hadir karena sedang sakit.

"Sebagai simbolis, saya membuka gerakan magrib mengaji ini dengan mengaji satu 'ain dengan anak perempuan saya. Sebagai tanda saya nya'ah (sayang) ke anak saya, ngaji setiap magrib," ujar pria yang karib disapa Emil itu di Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Jumat (29/4/2016).

Menurut Emil, budaya mengaji anak-anak saat ini semakin berkurang, karena banyak pengaruh dari teknologi dan pergaulan. Untuk itu gerakan magrib mengaji ini dilakukan untuk mengajak anak-anak kembali ke masjid.

"Makin lama (mengaji di masjid) ini makin hilang, karena ada pengaruh oleh handphone, televisi, tanpa ada kontrol waktu. Pemkot Bandung ingin menyeimbangkan hal-hal yang fundamental," jelasnya.

Saat ini sudah ada 2.000 masjid yang berpartisipasi mengikuti program ini. Masjid yang bergabung dengan gerakan ini ditandai dengan spanduk Magrib Mengaji. Emil pun mengajak warga Bandung yang ingin menjadi relawan pengajar bisa daftar ke twitter @BdgMengaji.

"Kepada warga Bandung, khususnya anak-anak muda, ibu-ibu yang punya waktu luang untuk perbaikan menta anak-anak dan umat, bisa daftar melalui akun twitter @BdgMengaji," imbaunya.

Ridwan Kamil pun sekaligus meresmikan aplikasi khusus Maghrib Mengaji. Aplikasi yang bisa diakses di Android ini bisa memberitahukan informasi terkait lokasi masjid, kajian, serta foto kegiatan Magrib Mengaji dari masjid yang ditentukan.

red: adhila

sumber: alhikmah/detik/sionline