Ciri-ciri Fisik Ya’juz dan Ma’juz


Ya’juz dan Ma’juz adalah orang yang akan muncul di akhir zaman. Mereka senantiasa membuat kerusakan di muka bumi. Mereka memiliki ciri-ciri fisik yang khusus.

DUNIA ini semakin hari, tidak lagi bersahabat. Banyak sekali kehancuran, kebohongan, pengkhinatan juga penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi. Apakah ini yang dinamai dengan tanda akhir zaman? Wallahu ‘alam.

Namun yang pasti, menjelang berakhirnya alam semesta ini, akan tiba sosok manusia yang membuat kerusakan di muka bumi. Siapakah mereka? Di antara perusak yang muncul di akhir zaman ialah Ya’juz dan Ma’juz. Seperti apa ya ciri-ciri mereka?

Khalid bin Abdillah ibn Harmalah menyampaikan dari bibinya yang menuturkan, suatu ketika Rasulullah ﷺ menyampaikan khutbah. Saat itu kepala beliau dibalut perban karena disengat kalajengking.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Kalian mengatakan tidak ada musuh. Sungguh, kalian akan terus berperang hingga Ya’juz dan Ma’juz keluar. Mereka berwajah lebar, bermata kecil, dan berambut hitam kemerah-merahan. Mereka turun dengan sangat cepat dari seluruh tempat yang tinggi, dan wajah mereka seperti perisai cembung yang tebal.”

Warna rambut mereka hitam kemerah-merahan, dan wajah mereka diperumpamakan oleh Rasulullah ﷺ dengan perisai cembung yang tebal. Mengapa? Karena bentuknya yang bulat dan padat berlemak.

Mereka nanti akan keluar dan turun dari seluruh tempat yang tinggi. Lalu, menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat. []

Referensi: Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press

Foto: kvltzine.com
(Islampos)