Memetik Hikmah dari Pergaulan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah yang memperkenankan langit dan bumi tercipta. Dialah yang menghendaki seluruh benda-benda angkasa tetap beredar pada porosnya. Tiada tuhan selain Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal..” (QS. Yusuf [12] : 111)

Saudaraku, tidak ada kebetulan di dunia ini, semua terjadi ada izin Alloh Swt. Termasuk kejadian kita bertemu dengan orang lain, berkenalan dan berteman dengan orang lain. Termasuk pula kejadian kita berinteraksi dengan alam di sekitar kita, hingga mengetahui nama-nama berbagai tanaman dan binatang dengan karakteristiknya. Semua ada dalam kekuasaan Alloh Swt.

Akan tetapi, sangat disayangkan jikalau kita hanya melewati semua pertemuan itu, setiap pergaulan itu begitu saja tanpa berupaya memetik hikmahnya. Bergaul dengan siapapun, orang dengan jabatan apapun, orang kaya ataupun orang tak punya, orang yang terkenal maupun orang yang terbiasa dalam kesendiriannya, pasti ada hikmah yang bisa kita petik dari mereka jikalau kita mau menafakurinya.

Melihat cicak yang hidupnya di dinding, sementara makanannya adalah nyamuk binatang bersayap yang bisa leluasa terbang. Namun, cicak tercukupi saja rezekinya. Melihat teman yang tunanetra, dia tetap bisa tersenyum, tercukupi rezekinya. Bahkan boleh jadi dosanya lebih sedikit dibanding kita yang bisa melihat karena kita lebih banyak kesempatan maksiat melalui pandangan mata. Maasyaa Alloh!

Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang terampil memetik hikmah dari setiap kejadian. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.(smstauhid)