Fenomena kosmik yang unik akan disaksikan pada Jumat besok di Mekkah

Fenomena kosmik yang unik akan disaksikan pada Jumat besok di Mekkah

MEKKAH  - Departemen ilmu astronomi di Universitas King Abdul Aziz mengumumkan bahwa saat shalat Dzuhur pada Jum'at besok akan terlihat fenomena dari sinar kosmik yang unik di Mekkah, lansir Arab21 (26/5/2016).

Peneliti astronomi di universitas tersebut menyebutkan bahwa pada Jum'at besok matahari berada di atas kepala di 00:18 GMT, tepat di atas Ka'bah secara langsung, dimana tinggi matahari untuk saat ini berada di 90 derajat dari horizon Mekkah.

Fenomena ini, yaitu saat matahari melewati Ka'bah, terjadi dua kali dalam satu tahun selama pergerakan matahari antara musim panas dan musim dingin. Posisi matahari tegak lurus ke Mekkah untuk tahun ini jatuh pada 27 Mei dan 15 Juli.

Fenomena kosmik ini memungkinkan penduduk bumi dapat menyaksikan matahari yang panas pada saat itu dan dapat memudahkan menentukan arah dengan presisi.

Namun penduduk yang berada di kota-kota terdekat dengan Mekkah akan mengalami kesulitan menentukan arah matahari karena akan sangat dekat dengan langit, sehingga mereka bisa menentukan arah melalui cahayanya.
(arrahmah.com)