Darurat Korban Banjir Solo, Ayo Bantu Sodara Kita

Darurat Korban Banjir Solo, Ayo Bantu Sodara Kita

SOLO, (afdhalIlahi.com) – Banjir yang melanda wilayah Solo dan sekitarnya menuntut Relawan Infaq Dakwah Center (IDC) terjun langsung meninjau lokasi.

Sedianya, Relawan IDC hendak menghadiri Ifthar Jama’i keluarga Syuhada dan Mujahidin. Namun, lantaran musibah banjir, acara tersebut akhirnya ditunda.

Informasi yang diterima relawan IDC, kondisi musibah banjir di beberapa titik lokasi di Solo, cukup parah.

Mendengar informasi awal tersebut, relawan IDC yang baru saja tiba pukil 10.00 WIB, Ahad (19/6/2016) pagi hari, bergegas mendatangi lokasi korban banjir, salah satunya di di desa Plalan, Solo, yang berdekatan dengan wisma IDC.

Bersama Emergency and Crisis Response (ECR), relawan IDC berusaha menembus derasnya arus banjir menggunakan prahu karet menuju wisma IDC.

Sulitnya medan, karena padatnya rumah-rumah penduduk menuntut perjalanan harus ekstra hati-hati.

Potongan bambu, dan seng yang ikut terbawa arus, berusaha dihindari khawatir merusak perahu karet tersebut.

Beberapa rumah penduduk yang terlihat atap genteng tampak kosong ditinggal penghuninya. Jarak kabel listrik di sebagian tempat hapir 1 meter dengan ketinggian air.

Relawan IDC sempat berhenti di rumah ketua RW VI, Joyotakan sebab adanya beberapa warga yang sudah tua renta minta dievakuasi. Sementara kapasitas perahu hanya cukup untuk 7 orang.

Perjalanan yang ditempuh hampir 2 Km menggunakan prahu dilanjutkan setelah warga diungsikan ketempat yang aman. Hampir 1,5 jam relawan IDC menunggu, baru prahu tim ECR kembali datang.

Sementara kondisi Anak-anak wisma IDC yang sejak pagi hanya mendapatkan makan snack seadanya membutuhkan makanan pokok.

Barang berharga untuk sementara sudah ditempatkan di lantai dua. Penghuni wisma IDC mengharapkan untuk segera dievaskuasi demi kenyamanan.

Sampai berita ini ditulis debit air yang rata-rata mencapai pinggang hingga selehr orang dewasa sedikit naik, ditambah hujan gerimis membuat tim evakuasi berusaha bergerak cepat.

Saat ini relawan IDC masih tertahan untuk melanjutkan perjalanan, mengingat perahu karet yang digunakan hanya satu buah dan diprioritaskan untuk mengevakuasi lansia, wanita dan anak-anak.

DAKWAH DAN PEDULI KASIH KORBAN BENCANA BANJIR

Mari kita realisasikan iman dan kepedulian sesama mukmin, dengan membantu meringankan musibah para korban banjir di berbagai daerah.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ, و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ, و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ, و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya…”(HR Muslim).

Musibah banjir yang dialami kaum muslimin adalah penderitaan kita juga. Karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

Donasi Infaq Darurat Peduli Banjir bisa disalurkan ke rekening IDC:

Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.

Bank BNI Syari’ah, No.Rek: 293.985.605 a/n: Infaq Dakwah Center.

Bank Mandiri Syariah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.

Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.728.9 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.

Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a/n: Yayasan Infak Dakwah Center.

Bank CIMB Niaga, No.Rek: 675.0100.407.006 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.

Bank BCA, no.rek: 631.0230.497 a/n Budi Haryanto (Bendahara IDC).

CATATAN:

Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 3.000 (tiga ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.003.000,- Rp 503.000,- 203.000,- Rp 103.000,- 53.000,- dan seterusnya.Bila biaya sudah tercukupi, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.Info: 08567.700020 – 08999.704050PIN BB: 2AF8061E; BBM CHANNEL: C001F2BF0.





Sourche: panjimas