Mayoritas Umat Islam di Dunia Awali Ramadhan 1437 H pada Senin 6 Juni

Mayoritas Umat Islam di Dunia Awali Ramadhan 1437 H pada Senin 6 Juni


Ilustrasi: Shalat Tarawih di Masjid Istiqal Jakarta

Doha (afdhalIlahi.com) - Mayoritas umat Islam di dunia secara serentak mengawali bulan suci Ramadhan pada Senin, 6 Juni 2016 kemarin. 

Lebih dari 1,2 miliar muslim di dunia menandai permulaan bulan suci Ramadhan, Senin, dengan berdoa secara intensif, puasa mulai dari terbitnya fajar hingga senja, dan melakukan perbuatan-perbuatan baik lainnya.

Pihak otoritas agama di sebagian besar negara-negara di Timur Tengah mengumumkan bulan baru Ramadhan terlihat pada Ahad (5/6) malam, demikian laporan Al Jazeera.

Indonesia, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia juga menyatakan memulai puasa pada Senin. Demikian pula dengan Singapura, Yaman, Lebanon, Suriah, Qatar, Kuwait, Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Afghanistan,  wilayah teritorial Palestina, dan sekitarnya.

Puluhan ribu warga Palestina melaksanakan ibadah shalat di Masjidil Aqsha pada bulan Ramadhan.

Menyusul pengumuman tersebut, sebuah masjid di Tampa, Florida, Amerika Serikat, mengumumkan kepada jamaahnya bahwa mereka juga bisa merayakan hari pertama puasa pada Senin.

Berbeda dengan mayoritas umat Islam di dunia, kaum Syiah di Iran mengawali Ramadhan 1437 H secara berbeda. Mengikuti fatwa Ali Khamenei di Iran, kaum Syiah di Indonesia baru akan memulai puasa Ramadhan 1437 H pada Selasa(07/06).

Kendati demikian, kelompok Ahlul Bait Indonesia (ABI) memerintahkan kepada jamaahnya agar tetap berpuasa pada hari Senin. Puasa itu diniatkan sebagai puasa sunnah Sya’ban atau puasa qadha. 
Sourche: SuaraIslam