Misi Mars Eropa-Rusia Peroleh Dana Rp1,16 Triliun

Misi Mars Eropa-Rusia Peroleh Dana Rp1,16 Triliun

afdhalIlahi.com - Paris - Bagian kedua misi gabungan Eropa-Rusia untuk menyelidiki jejak kehidupan di Mars memperoleh suntikan dana sebesar 77 juta euro atau sekitar Rp1,16 triliun, demikian menurut keterangan badan antariksa Eropa, European Space Agency (ESA), Kamis (16/6/2016).

Pada tahap pertama, ESA dan partnernya dari Rusia, RKA, meluncurkan dua wahana antariksa ke Planet Mars pada pertengahan Maret lalu, namun tahap kedua misi diundur dua tahun hingga 2020.

Suntikan dana dari negara-negara Eropa seperti Italia, Inggris, Prancis, dan Jerman untuk misi ke Planet Merah ini akan digunakan untuk menutupi biaya tambahan akibat penundaan misi yang diumumkan pada Mei.

"Kami menanyakan ke negara-negara anggota, apakah Anda ingin melanjutkan misi ini?" kata David Parker, direktur penerbangan antariksa ESA, kepada kantor berita AFP.

Pada tahap kedua, misi itu akan meluncurkan wahana penjelajah Eropa yang mampu melakukan pengeboran sedalam dua meter di permukaan Mars untuk mencari bahan organik.

"Adalah kesepakatan bulat seluruh dewan untuk melanjutkan program ini," katanya dalam pertemuan yang dilakukan di Paris pada Rabu (15/6/2016).

"Ini konfirmasi penting dukungan negara-negara anggota pada proyek," imbuhnya.

Misi ganda ExoMars akan melengkapi misi kendaraan penjelajah Curiosity milik badan antariksa Amerika Serikat, NASA, yang telah menjelajahi permukaan Mars selama tiga tahun lebih.

Penjelajahan luar angkasa merupakan salah satu dari sedikit kerja sama antara Rusia dan negara-negara Barat yang tidak terimbas krisis geopolitik di Ukraina, Suriah, dan wilayah lain.
Sourche: inilah.com