Serangan Bom Al-Shabab Somalia Tewaskan Dua Anggota Parlemen

Serangan Bom Al-Shabab Somalia Tewaskan Dua Anggota Parlemen


Serangan Bom Hotel Ambasador ( foto Aljazeera)

Mogadishu (afdhalIlahi.com) -  Setidaknya 15 orang termasuk dua anggota parlemen tewas dalam serangan yang menargetkan Hotel Ambassador di Mogadishu, ibukota Somalia, Rabu (1/6/2016).

Sebuah mobil  meledakkan gerbang luar hotel Ambasador  diikuti serangan dan tembakan ke dalam hotel menewaskan setidaknya 15 orang dan mencederai 25 orang lainnya.  Dua anggota  parlemen termasuk korban meninggal, kata polisi setempat.

Pejuang al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas serangan  yang menargetkan Ambassador Hotel, yang sering dikunjungi oleh  pejabat pemerintah  Somalia  dari diplomat luar negeri.

"Kami menyerang hotel dengan bom mobil dan kita masuk ke dalam," Sheikh Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer al-Shabab, mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Dua politisi anggota parlemen yang tewas dalam serangan itu diidentifikasi oleh polisi sebagai Mohamud Mohamed dan Abdullahi Jamac. Keduanya korban meninggal di hotel.

Tembak menembak  masih berlangsung pada 19:00 GMT, Rabu, dan sumber-sumber mengatakan kepada Al Jazeera dua tersangka masih bersembunyi di lantai atas hotel. Pihak berwenang juga mengatakan para tersangka dipersenjatai dengan rompi bunuh diri dan dapat menahan sandera.

Laporan sebelumnya mengatakan pasukan khusus telah menguasai hotel. Tapi seorang wartawan Reuters dan penduduk mengatakan mereka masih saja mendengar tembakan sporadis.

Sebuah sumber mengatakan kepada Al Jazeera bahwa setidaknya tiga pejuang terlibat dalam serangan itu. Serangan itu terjadi tak lama sebelum kedatangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Mogadishu. "Ambasador  Hotel terletak di sepanjang jalan  yang seharusnya dilalui Erdogan    dari bandara ke istana presiden", kata sumber tersebut.

Serangan terhadap Hotel Ambasador bukan pertama kalinya terjadi. "Mereka ingin mengirim pesan bahwa meskipun mereka (Al-Shabab)  mungkin telah kehilangan  kontrol  dari kota Mogadishu, mereka masih bisa melakukan serangan tersebut dengan keberanian," katanya.

Pada bulan Februari, sedikitnya sembilan orang tewas ketika para pejuang al-Shabab meledakkan sebuah bom mobil di pintu gerbang taman populer di dekat sebuah hotel di ibukota. Pada bulan Januari, serangan terhadap sebuah restoran pantai-depan menewaskan sedikitnya 17 orang.

Sumber : SuaraIslamOnline

0 Response to "Serangan Bom Al-Shabab Somalia Tewaskan Dua Anggota Parlemen"

Posting Komentar