Aksi Penembakan Brutal di Munich, Pelakunya Keturunan Iran

Aksi Penembakan Brutal di Munich, Pelakunya Keturunan Iran


Aksi penembakan di Munich, 11 orang tewas (aljazeera.net)

Jerman. Kepolisian Jerman memastikan bahwa pelaku penembakan brutal di pusat perbelanjaan di kota Munich, Jerman, pada Jumat kemarin (22/7/2016) tewas bunuh diri di dekat lokasi kejadian, merupakan warga negara Jerman keturunan Iran. Dipastikan pelaku sendirian dalam melaksanakan aksinya.

Dalam konferensi pers pada Sabtu dini hari waktu setempat (23/7/2016), Kepala Kepolisian Munich, Hubertus Andrea, menjelaskan bahwa pelaku adalah pemuda berusia 18 tahun, telah tinggal lebih dari 2 tahun di Munich, dan belum diketahui motivasi aksinya.

Pelaku memulai aksinya dengan melepaskan tembakan secara serampangan di dekat restoran cepat saji, kemudian di sekitar mall tempat kejadian, kemudian melarikan diri.

Akibat aksi serangan tersebut 11 orang tewas (termasuk pelaku yang kemudian bunuh diri di dekat tempat kejadian) dan 16 orang lainnya terluka (3 di antaranya kritis).

Sejauh ini, kepolisian Jerman masih terus mendalami motivasi tragedi penembakan ini dan memperketat pengamanan di pusat-pusat keramaian. Penyelidikan sementara sejauh ini mengungkapkan aksi ini murni dilakukan oleh satu orang, dan polisi akan mendalami motif pelaku dari orang-orang terdekatnya.

Aksi penembakan ini mengundang simpati sejumlah pemimpin dunia, antara lain Obama yang menyatakan kesiapan AS untuk memberikan bantuan yang diperlukan oleh Jerman mengungkap kasus ini.

Kanselir Jerman sendiri, Angela Merkel, sejauh ini dilaporkan telah meminta pertemuan Dewan Keamanan Nasional Jerman untuk bertemu di Berlin dan membahas tragedi ini.

Sumber: Aljazeera
Sourche: Dakwatuna

0 Response to "Aksi Penembakan Brutal di Munich, Pelakunya Keturunan Iran "

Post a Comment