Daffa Maheswara Wiryawan, Siswa MAN Pondok Pinang Sukses Raih Juara Satu Lomba Robot Internasional

Daffa Maheswara Wiryawan, Siswa MAN Pondok Pinang Sukses Raih Juara Satu Lomba Robot Internasional


Daffa Maheswara Wiryawan, siswa kelas X MIPA 3, MAN 4 Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Jakarta (afdhalilahi.com) - Prestasi siswa madrasah tidak  boleh lagi dianggap enteng. Paradigma lama bahwa anak madrasah adalah anak-anak yang hanya berprestasi di bidang keagamaan, kini berubah. Ternyata mereka juga menguasai bidang teknologi, salah satunya robotik. Bahkan beberapa dari mereka sudah mulai unjuk gigi di kancah internasional.

Adalah Daffa Maheswara Wiryawan, siswa  kelas X MIPA 3, MAN 4 Pondok Pinang, Jakarta Selatan yang pada kompetisi International Youth Robotic Competition (IYRC) di Daejeon, Korea Selatan, 11-14 Agustus lalu berhasil meraih juara satu untuk katagori Coding Mission dan juara tiga untuk kategori robot kreatif.  IYRC dikuti peserta dari 17 negara di dunia, diantaranya Amerika, Australia, Israel, dan China. 

Menurut Didik Tri Cahyono (51), orang tua Daffa, debut putranya dalam bidang robotik dimulai sejak siswa kelahiran 23 September 2001 ini menjadi siswa MTsN 1 Tangerang Selatan.

"Kemenangan demi kemenangan diraihnya mulai dari tingkat nasional maupun internasional," kata Didik dalam pesan tertulisnya kepada Suara Islam Online, Selasa (23/08/2016). 

Didik menyebutkan, sejumlah prestasi Daffa pada tingkat nasional diantaranya: Juara 1 Maze Solving di Kompetisi Robot Indonesia yang diselenggarakan oleh RACER, Juara 1 Extrim Maze Solving di Kontes Robot Nasional yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti, Juara 1 Line Tracer di The Indonesia Robot Cup yang diselenggarakan oleh ROCI, dan Juara 1 Robot Underwater di Indonesia School Robot Olympiad.

Bukan hanya di level nasional, lanjut Didik, Daffa juga telah mencatat prestasi di tingkat internasional diantaranya meraih medali emas katagori Line Tracer dan medali perunggu katagori Aerial di Internasional Islamic School Robot Olympiad di Malaysia, medali emas katagori Aerial dan medali perak katagori Maze Solving di Asian Junior Robocup, Malaysia. 

Bukan hanya Daffa, pada 2014 lalu sejumlah siswa madrasah juga berhasil menjuarai kompetisi robotik tingkat internasional di Malaysia pada event IISRO (International  Islamic Robot Olympiad). Tahun berikutnya lagi-lagi mereka menyabet beberpa medali di tingkat Asia pada Event AJR (Asian Junior Robocup) 2015.
Sourche: suaraislam

2 Responses to "Daffa Maheswara Wiryawan, Siswa MAN Pondok Pinang Sukses Raih Juara Satu Lomba Robot Internasional"