Islam akan Jadi Agama Terbesar Kedua di Amerika


Warga muslim Amerika Serikat di kawasan Brooklyn, New York.
JAKARTA -- Baru-baru ini Pew Research Center merilis hasil penelitian mereka mengenai prediksi populasi Muslim di Amerika Serikat. Mereka memprediksikan sebelum tahun 2040 Islam menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen di AS. 

Pew Research Center memperkirakan ada sekitar 3,3 juta Muslim dari segala usia yang tinggal di Amerika Serikat pada 2015. Ini berarti bahwa umat Islam terdiri sekitar satu persen dari total penduduk Amerika Serikat (sekitar 322 juta orang pada tahun 2015). Dan angka itu akan berlipat pada tahun 2050.

Perkiraan tersebut didasarkan pada proyeksi demografis dalam pertumbuhan populasi Muslim di Amerika sejak 2011. Mereka mengamati seluruh umat Muslim baik dewasa maupun anak-anak. Penelitian mereka menggunakan data usia, fertilitas, mortalitas, migrasi, dan mualaf yang mereka ambil dari berbagai sumber, termasuk survei Muslim Amerika pada tahun 2011.

Muslim di Amerika tidak merata, terdapat beberapa negara bagian yang populasi Muslimnya dua atau tiga kali lebih banyak dari rata-rata per kapita usia dewasa nasional. Negara bagian tersebut misalnya New Jersey. 

Terdapat perdebatan dalam melihat populasi Muslim di Amerika, mengenai jumlah imigrasi Muslim di sana. Hal itu disebabkan karena Biro Sensus Amerika Serikat tidak mengajukan pertanyaan tentang agama dalam mensensus penduduk Amerika Serikat. Sehingga tidak ada perhitungan resmi dari pemerintah mengenai populasi Muslim.

Namun, Pew Research Center mengaku melihat pertumbuhan Muslim di Amerika Serikat cukup stabil sejak 2007. Selain itu, mereka juga memprediksi pertumbuhan populasi Muslim cukup pesat, lebih cepat daripada pertumbuhan populasi Hindu dan jauh lebih cepat dari populasi Yahudi dalam beberapa dekade mendatang. 
Diperkirakan Islam menjadi agama terbesar kedua setelah agama Kristen sebelum tahun 2040. Sementara pada tahun 2050 diprediksi populasi Muslim mencapai 8,1 juta orang, atau 2,1 persen dari total penduduk.

Mereka memprediksi, lebih dari setengah pertumbuhan penduduk Muslim tersebut pada tahun 2010-2015 akibat imigrasi. Menurut mereka, selama 20 tahun terakhir telah terjadi peningkatan jumlah imigran Muslim yang tiba di Amerika Serikat. 10 persen diantaranya merupakan imigran legal, hal itu jauh lebih sedikit dibandingkan imigran ilegalnya.

Pertumbuhan signifikan komunitas Muslim tersebut, selain karena imigran juga disebabkan karena banyaknya mualaf beberapa tahun terakhir ini. Satu dari lima Muslim dewasa di sana dilahirkan dari keluarga agama lain atau tidak beragama. 

Tidak hanya itu, populasi Muslim di sana berada pada kisaran usia rata-rata lebih muda daripada masyarakat umum. Sehingga, jumlah yang lebih besar akan segera tiba ketika mereka mulai berkeluarga dan memiliki keturunan.
Sourche: Republika