Arti atau Maksud Idle Dalam Dunia Otomotif

Arti atau Maksud Idle Dalam Dunia Otomotif

Idle adalah suatu istilah yang sering kali kita dengar ini untuk menggambarkan suatu keadaan atau sebuah kondisi kurangnya gerak atau pelan atau penggunaan tenaga/energi yang sedikit.

Didalam dunia otomotif, istilah idle artinya diam juga seringkali disebut sebagai keadaan stasioner atau ada yang menyebutnya langsam (langzaam bahasa belanda atau idle artinya adalah pelan), ada juga yang mengatakan rpm idle adalah putaran mesin normal saat tidak ditekan pedal gas.idle innova v 2 0Apa itu rpm atau apa singkatan rpm, rpm adalah round per minute atau banyaknya putaran tiap satu menit. Rpm idle itu normalnya berapa Ya? Secara umum rpm idle mesin mobil berada di antara 600 hingga 750 rpm, putaran saat idle juga tergantung dari karakter mesin, ada kendaraan yang memang disetel dari pabrikan memiliki rpm diantara 800 hingga 900 round per minute.

Selain rpm idle kita juga mengenal yang namanya idle up. Idle up adalah rpm idle naik sedikit, hal ini biasanya terjadi saat mesin mendapatkan beban tambahan seperti saat ac on, saat lampu depan di nyalakan, saat stir diputar untuk kendaraan yang masih menggunakan pompa power steering.

Idle up sendiri bertujuan agar mesin tidak mati ketika mendapatkan beban tambahan ketika pedal gas tidak di operasikan. Untuk idle up sudah dibahas terpisah silakan lihat DISINI.

Komponen Yang berfungsi Untuk mengatur putaran Idle mesinThrottle Body and Isc Lexus Harrier

Komponen pada mobil injeksi atau mobil efi, yang berperan sebagai pengontrol putaran idle mesin diantaranya adalah ISC atau Idle speed Control.

Gambar isi dalam throttle body dengan etcs i

Sedangkan untuk kendaraan terbaru ISC sudah jarang dipakai tetapi pada mobil mobil keluaran terbaru sudah menggunakan ETCS atau electronic throttle control system. Baik ISC atau ETCS di kendalikan langsung oleh ecm atau ecu mesin.

0 Response to "Arti atau Maksud Idle Dalam Dunia Otomotif"

Post a Comment