Bacaan Doa Niat Wudhu & Tata Cara Berwudhu yang Benar

Berwudhu merupakan syarat sah shalat kita, maka dari itu untuk sahnya shalat kita, perlunya kita memperbaiki dari yang awal yaitu bacaan doa niat wudhu. Sebelum membahas mengenai bacaan doa niat wudhu, tahukah anda Apa itu Wudhu ?.. Pengertian Wudhu adalah mencuci atau membasuh sebagian anggota badan sebelum mengerjakan shalat baik itu shalat wajib maupun dengan shalat sunnah. Sedahngkan menurut Hanafiyah, pengertian wudhu adalah mensucikan diri dengan menggunakan air untuk keempat anggota tubuh kita mulai dari wajah, kedua tangan, kepada, dan kedua kaki dengan cara-cara tertentu. 

Hukum berwudhu adalah wajib dilakukan dalam mengerjakan shalat seperti dalam sabda Nabi Muhammad: .


“Tidak diterima sholatmu tanpa Bersuci atau Wudhu(HR. Muslim). dan “Bersuci atau Berwudhu adalah sebagian dari iman (HR. Muslim). 

Berwudhu memiliki banyak keutamaan dan manfaat dalam berwudhu yang telah banyak diterangkan dari Sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa yang berwudhu secara sempurna, maka dosa-dosanya akan gugur atau hilang jasad-nya hingga keluar juga dari bawah kuku-kuku’nya(HR. Muslim). dan “Sesungguh Umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan muka dan kedua tangannya kemilau bercahaya karena bekas Berwudhu”. 
Dari sabda Nabi Muhammad SAW, terlihat bahwa berwudhu sangat penting dan bermanfaat sehingga perlunya kita mengetahui bacaan doa niat berwudhu yang benar dan mengetahui terjemahan dari bacaan doa wudhu tersebut serta mempelajari cara mengambil air wudhu yang benar dimana pada kali ini kami akan menampilkanbacaan doa niat berwudhu, tata cara, berwudhuyang dapat anda lihat dibawa ini… 


Baaan Doa Niat Wudhu
Bacaan doa niat wudhu dalam bahasa arab: 
Bacaan doa nit wudhu dalam bahasa latin: 


“Nawaitul Wudhlu-a lifrafil hadatsil ash-ghari fardhlan lillahi Ta’aala”. 
Bacaan doa niat wudhu dalam bahasa Indonesia/terjemahannya:


“Aku berniat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah semata”

Tata Cara Berwudhu Yang Baik dan Benar
Cara Berwudhu Yang Baik dan Benar – Seperti penjelasan diatas, bahwa wudhu merupakan syarat sah shalat kita, apabila kita cara berwudhu kita tidak benar maka dapat dikatakan bahwa sholat kita tidak sah atau sia-sia saja. sehingga perlunya kita mengetahui dengan benar cara-cara berwudhu yang benar seperti dibawah ini… 

1. Pertama-tama dalam cara-cara berwudhu membaca “Bismillahir-rah maanir-rahim” sambil mencuci belah tangan sampai dengan gelang tangan hingga bersih. 


2. Cara berwudhu langkah kedua adalah dengan berkumur 3 kali, samil membersihkan gigig hingga bersih sehingga tidak ada bekas makanan yang ada di gigi. 

3. Cara berwudhu langkah ketiga adalah dengan mencucui lubang hidung sebanyak 3 kali.

4. Cara berwudhu langkah keempat adalah mencucui muka sebanyak 3 kali, mulai dari dahi , sampai dengan dan juga telinga kanan dan telinga kiri, sambil membaca niat wudhu 


5. Cara berwudhu langkah kelima adalah membasuh atau mencucui kedua tangan sampai ke siku-siku sebanyak 3 kali. 

6. Cara berwudhu langkah keenam adalah menyapu sebagian ramput kepada dengan 3 kali 

7. Cara berwudhu langkah ketujuh adalah dengan menyapu kedua belah telinga sebanyak 3 kali

8. Cara berwudhu yang terakhir adalah dengan mencucui kedua kaki dari mata kaki hingga ke lutut sebanyak 3 kali. 
Setelah semua tata cara berwudhu atau langkah-langkah berwudhu kemudian selanjutnyamembaca doa setelah berwudhu
Demikianlah informasi mengenai Bacaan Doa Niat Wudhu & Tata Cara Berwudhu. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian berwudhu, hukum berwudhu, dalil yang memperkuat berwudhu, keutamaan berwudhu dan manfaat berwudhu, bacaan doa niat berwudhu dalam bahasa arab, bacaan doa niat wudhu dalam bahasa indonesia, bacaan doa niat wudhu dalam bahasa latin, tata cara berwudhu, gambar cara-cara berwudhu. Sekian dan terima kasih.
Sourche: http://bacaandoa.com/

0 Response to "Bacaan Doa Niat Wudhu & Tata Cara Berwudhu yang Benar"

Post a Comment