Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah: Membayar dan Menerima Zakat Fitrah Lengkap

Dalam membayar dan menerima zakat fitrah terdapat bacaan doa niat. Terdapat beberapa bacaan doa niat membayar zakat fitrah baik dari diri sendiri dan keluarga, istri, anak laki-laki, anak perempuan. Sedangkan bagi penerima zakat fitrah juga membacakan doa niat dalam menerima zakat fitrah. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa zakat fitrah dilakukan saat malam takbiran yaitu malam sebelum idul fitri (1 syawal) dan sesudah shalat shubuh dari sebelum shalat ied, dengan besarannya sekitar 3,5 liter dan 2,5 kg yang dapat dibayar berupa beras, gandum, tepung, kurma. atau dapat juga menggunakan uang dengan takaran sesuai dengan harga bahan pokok yang dizakatkan. Zakat fitrah diberikan kepada penerima yang berdasarkan ketentuan-ketentuan penerimaan zakat fitrah. Dalam memberi dan menerima zakat fitrah yang diawali dengan niat baik itu secara lisan, maupun diucapkan dalam hati. Maka dari itu, informasi kali ini mengenaiBacaan Doa Niat Zakat Fitrah baik yang membayar maupun yang menerima zakat fitrah tersebut...

Lafaz Doa Niat Zakat Fitrah dan Artinya

Terdapat beberapa doa niat zakat fitrah berdasarkan dari siapa yang ingin dizakatkan antara lain sebagai berikut... 

1. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga : "Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa 'an jami'i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a'an far dzolillahi ta'ala". Artinya : " Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari'at, fardhu karena Allah ta'ala". 

2. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri 

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri : "Nawaitu an ahroja zakat fitri annafsi fardholillahi ta'ala"Artinya : "saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas diri sendiri saya sendiri, fardhu karna Allah Ta'ala. 

3. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri 

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri :"Nawaitu an-uhrizakat fitri an zaw jati fardzolillahita 'ala". Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya, fardhu karena Allah Ta'ala.

4. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki kita

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki kita : "Nawaitu an uhrija zakat fitri (.....) fardzolillahi ta'ala". Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta'ala". 

5. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan kita 

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan kita : "Nawaitu an uhrija zakat fitri ambinti (.......) fardzolillahita'ala". Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah ta'ala". 

Bacaan Doa Niat Membayar dan Menerima Zakat Fitrah

Dalam melakukan zakat fitrah terdapat serah terima antara pemberi dan penerima zakat yang disertai dengan doa kedua belah pihak antara lain sebagai berikut... 

1. Bacaan Doa Niat Membayar Zakat Fitrah

Bacaan Doa Niat Membayar Zakat Fitrah : "Allahumma j'alhaa maghnaman, walaa taj'alhaa maghraman". Artinya : "Ya Allah jadikanlah ia sebagai simpanan yang menguntungkan dan jangan jadikanlah ia pemberian yang merugikan". 

2. Bacaan Doa Niat Menerima Zakat Fitrah 

Bacaan Doa Niat Menerima Zakat Fitrah :"Aajarak-llahuma fiima a'thaita, wa baraaka laka fiimaa abqaita, waj'alhu laka thahuuraa". Artinya : Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah kau berikan, menjadikannya penyuci (jiwa dan harta) untukmu, dan melimpahkan berkah terhadap harta yang tersisa". 
Sourche: artikelsiana.com

0 Response to "Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah: Membayar dan Menerima Zakat Fitrah Lengkap"

Post a Comment