Begini Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Laptop Mati Total Tidak Bisa Hidup

Begini Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Laptop Mati Total Tidak Bisa Hidup



Laptop cenderung memiliki umur yang bisa dibilang pendek dan tergantung perawatan dan kegunaannya. Laptop terkenal sulit untuk di upgrade atau diperbaiki jika dibandingkan dengan komputer desktop atau PC yang dalam penggunaanya cenderung mudah diupgrade mengikuti perkembangan jaman yang semakin hari semakin modern, jika dibandingkan dengan PC, biaya perbaikan laptop jauh lebih mahal karena komponen yang digunakan lebih banyak yang onboard sehingga jika ada kerusakan salah satu komponen maka harus diganti sepaket, hal ini lah yang membuat banyak orang lebih memilih membeli laptop baru daripada memperbaiki laptop lama dengan biaya yang besar.

Kondisi ini sangat disayangkan  tidak hanya untuk laptop, tetapi sebagian besar perangkat elektronik lainnya menyebabkan gunung sampah elektronik. Beberapa masalah laptop, bagaimanapun, kadang lebih mudah daripada yang anda bayangkan. Panduan tips singkat ini menyoroti kerusakan yang paling mungkin, mengeksplorasi bagaimana kita mengidentifikasi penyebabnya dan memandu anda untuk memahami bagaimana cara memperbaikinya.

Kami sebelumnya telah menyediakan panduan yang sama untuk komputer desktop. Pelajari bagian apa saja yang gagal atau bermasalah dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya, serta bagaimana untuk mendiagnosa masalah hardware saat komputer Anda tidak menyala. Akhirnya, Anda mungkin berkonsultasi dengan beberapa konsultan online untuk belajar bagaimana memperbaiki komputer Anda sendiri.

Komponen hardware dalam laptop




Ada beberapa bagian laptop yang sangat rentan dan sulit serta mahal untuk diperbaiki. Salah satunya motherboard dan segala sesuatu yang dibentuk di atasnya, termasuk CPU (central processing unit) dan GPU (graphics processing unit). Bila Anda yakin bahwa salah satu dari ini rusak, lanjutkan ke bagian akhir artikel ini. Untuk laptop Anda berikutnya, bagaimanapun, perhatikan bahwa Anda dapat mencegah kerusakan dari CPU dan GPU, dengan memastikan mereka tidak terlalu panas saat beroperasi.

Sistem operasi



Gejala: jika laptop anda terdengar normal, jika disk drive tampak bekerja, dan jika layar menyala, tetapi sistem tidak bisa booting, masalahnya mungkin terletak pada sistem operasi.

Perbaiki: Dengan asumsi Anda menjalankan Windows, Anda dapat masuk pada Safe Mode untuk mendiagnosa dan berpotensi memperbaiki masalah. Mungkin itu driver yang rusak atau registry yang rusak. Daripada membuang-buang waktu mencoba untuk memperbaiki sistem operasi Anda, itu mungkin lebih baik untuk menginstal ulang itu. Anda dapat membuat cadangan data dari komputer yang tidak bisa boot menggunakan Linux Live CD / USB.

Hard disk Drive / Solid State Drive



Drive atau solid state drive adalah rumah dari sistem operasi anda untuk dan menyimpan semua data Anda pada komputer.

Gejala: Hard drive gagal tidak selalu tampil blue screen, Kadang-kadang ada tanda-tanda peringatan, termasuk:

lambat / kinerja yang buruk;
sering freeze atau lag;
BSODs;
data yang rusak;
akumulasi sektor buruk;
suara aneh.

Gejala-gejala diatas merupakan indikasi awal jika hard drive anda bermasalah. Ketika Anda melihat tanda-tanda ini, pastikan untuk membuat cadangan data Anda sebelum terlambat. Setelah itu, satu-satunya harapan Anda adalah untuk sementara menghidupkan kembali hard drive Anda untuk membuat cadangan data. 

Sebuah tanda pasti bahwa HDD atau SSD telah rusak atau mati adalah jika layar menyala, lampu indikator laptop berkedip, tapi tidak ada yang lain yang terjadi. Anda mungkin melihat pesan kesalahan yang mengatakan sesuatu di sepanjang baris dari perangkat boot utama yang hilang. Jika laptop benar-benar mati, namun tidak ada suara, tidak ada lampu, tidak ada getaran dan jika Anda telah memeriksa charger, sangat mungkin bahwa motherboard atau salah satu komponennya telah gagal. Dalam hal ini, lanjutkan ke bagian akhir artikel ini.

Solusi: Jika HDD atau SSD telah rusak/mati, Anda dapat memperbaiki laptop Anda dengan menggantinya,sangat mudah. Lepaskan drive lama, ambil yang baru dan pasangkan konektor yang identik (IDE atau SATA), dan me-mount di tempat drive lama anda.

CMOS Baterai



CMOS baterai menyediakan daya untuk menyimpan pengaturan BIOS saat komputer dimatikan.

Gejala dari CMOS sudah mulai buruk: Laptop kebanyakan boot up baik dan semuanya tampak normal, kecuali untuk beberapa masalah kecil:

waktu dan tanggal sistem terus-menerus restart;
Driver berhenti bekerja;
kadang-kadang, PC tidak akan boot atau hanya mati;
ada CMOS terkait kesalahan sulit dipahami saat boot;
dan ada masalah hardware aneh lainnya.
Salah satu dari isu-isu ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Tetapi jika beberapa dari mereka bertepatan, maka itu adalah tanda pasti bahwa baterai CMOS Anda gagal.

Perbaiki: mengganti baterai CMOS pada PC desktop. Bahkan pada laptop, prosedur ini tidak begitu sulit. Baterai biasanya bisa diakses melalui bagian bawah laptop. Pada beberapa model, seperti HP Compaq nw884, mungkin duduk di bawah keyboard. Dalam kasus apapun, itu tidak mudah untuk mengakses sebagai RAM atau HDD / SDD, karena tidak ada pintu atau panel sendiri. Jika Anda dapat menggantinya sendiri gantilah dengan yang baru.

RAM


RAM adalah memori jangka pendek komputer Anda. Ini berfungsi untuk sementara menyimpan informasi sistem yang dijalankan atau sedang berjalan.

Gejala RAM buruk:

Laptop tidak bisa boot dan mungkin berbunyi;
BSODs ketika menginstal sistem operasi;
crash secara acak atau BSODs selama operasi normal;
crash saat menjalankan program memori-intensif.

Solusi: Jika komputer Anda masih bisa booting, jalankan tes memori untuk memeriksa kesalahan, misalnya menggunakan MemTest86.

Jika Anda beruntung, mungkin salah satu tongkat RAM Anda tidak duduk dengan benar dalam soket nya. Membuka kait pada bagian bawah laptop untuk memeriksa RAM, cabut dan pasang kembali.

Jika itu tidak dapat memecahkan masalah Anda dan jika Anda hanya memiliki satu RAM stick, coba pindah ke slot yang berbeda. Jika Anda memiliki dua RAM. coba booting komputer dengan satu RAM dilepas dan mencoba kedua RAM di slot yang berbeda.

Tampilan




Sampai saat ini, saya pikir kerusakan display hampir mustahil untuk diperbaiki. Dan kemudian saya menjatuhkan laptop  dan tampilan laptop saya berubah menjadi  roti panggang.

Gejala: Selain kerusakan pada layar, tampilan Anda mungkin tidak menyala sama sekali. Dalam hal ini, cobalah untuk menghubungkan monitor eksternal, dengan mengecualikan kerusakan motherboard.

Perbaiki: Jika semuanya bekerja dengan baik dengan monitor eksternal, kemungkinan Anda dapat memperbaiki laptop Anda dengan mengganti tampilan yang rusak. Saya sebelumnya telah menjelaskan jika berurusan dengan layar rusak pada laptop Anda, hal itu tidak mudah, tetapi sering kali dapat dilakukan tanpa alat atau keahlian khusus, dan itu sangat membantu dan tentunya terjangkau.

Bagaimana Jika Laptop Anda Tidak dapat diperbaiki lagi?

Kadang-kadang kerusakan tidak dapat ditemukan dengan mudah pada salah satu bagian yang sangat kecil, cara yang relatif mudah adalah dengan menggantinya. Ketika motherboard, CPU atau GPU rusak, dan ketika salah satu bagian tidak bisa diganti lagi, hal terbaik yang realistis adalah menyelamatkan bagian-bagian yang masih fungsional dan mendaur ulang limbah elektronik yang tersisa.
Sourche: azkamaja

0 Response to "Begini Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Laptop Mati Total Tidak Bisa Hidup "

Post a Comment