Cara Memperbaiki USB Not Recognized pada Komputer Anda

Cara Memperbaiki USB Not Recognized pada Komputer Anda

Disaat kita akan memasukkan media penyimpanan flask disk untuk meng copy data tiba-tiba ada tulisan USB not recognized, pastinya akan membuat kita jadi jengkel, apakah flasdisk anda rusak? tentu tidak, tapi terdapat beberapa masalah didalam USB yang tidak dapat sinkron dengan komputer atau perangkat lain. Artikel berikut akan menuntun anda untuk memperbaiki masalah tersebut.


Berbagai masalah dapat menyebabkan adanya pesan kesalahan, dari port USB rusak atau driver perangkat lunak untuk partisi rusak atau bahkan USB drive mati. Kami akan menjelaskan bagaimana cara mencari tahu apa yang salah dengan USB anda.

Cara untuk memperbaiki USB drive tidak diakui atau unrecognized : mencoba mencolokkan port USB yang berbeda atau PC yang berbeda.

Hal pertama untuk mencoba adalah memasukkan drive ke port USB yang berbeda. Kadang-kadang, ini adalah solusi termudah, dan sering diabaikan. Hal terbaik untuk mencoba port USB di bagian belakang sebuah PC, memastikan Anda menggunakan salah satu yang langsung terhubung ke motherboard, dan bukan pada port eksternal tambahan.
Kadang-kadang, bisa juga ada masalah dengan port USB yang terhubung ke header motherboard,

Jika metode ini tidak berhasil, cobalah PC atau laptop yang berbeda. Jika drive bisa terbaca, berarti ada masalah dengan komputer sebelumnya atau port yang terpasang di komputer tersebut. Jika tidak muncul, berarti ada masalah dengan drive anda.

Cara untuk memperbaiki USB drive unrecognized: Apakah itu muncul dalam Disk Management?

Sebuah alat/tool yang terdapat pada windows  Manajemen Disk bisa menjadi solusi Anda setiap kali Anda memiliki masalah pada drive.

Mulai dengan mencari Disk Management di menu Start (atau Windows 8 layar Start) dan mengklik 'Create and format hard disk partitions'. Atau, tekan tombol Windows dan R bersama-sama dan masukkan diskmgmt.msc ke dalam kotak, lalu tekan Enter.


Daftar drive akan muncul. Anda harus mampu mengidentifikasi USB drive Anda dengan kapasitasnya, atau fakta itu dicap sebagai 'Removable'. Beberapa hard drive USB mungkin tidak akan ditampilkan sebagai removable, namun.

Jika Anda dapat melihat drive Anda di sini, tapi tidak di Windows Explorer, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, memeriksa status partisi. Jika tidak menunjukkan sebagai Sehat, bersama dengan huruf drive, ini menjelaskan mengapa Anda tidak dapat melihat file.

Anda dapat mencoba menggunakan alat gratis seperti TestDisk untuk memperbaiki tabel partisi. Jika berhasil, Anda harus mendapatkan kembali akses ke drive dan file.

Jika tidak, coba PhotoRec yang terlihat pada data di drive bahkan jika partisi korup.

Jika semua ini bekerja, atau Anda tidak peduli tentang pemulihan data pada drive, Anda mungkin dapat klik kanan pada drive di Manajemen Disk dan format drive sehingga Windows dapat mengaksesnya lagi. Sebuah wizard akan memandu Anda melalui proses tersebut.

Jika Anda dapat melihat unallocated space, itu berarti partisi telah dihapus. Software recovery file mungkin bisa membantu mengembalikan file yang telah dihapus.

Cara untuk memperbaiki USB drive unrecognized: Apakah memiliki huruf drive?

Jika drive memiliki setidaknya partisi primer dan muncul normal, mungkin hanya hilang huruf drive. Hal ini dapat terjadi kadang-kadang, dan untuk menetapkan huruf drive (sehingga Windows Explorer dapat melihat drive dan file-nya) klik kanan pada partisi dan pilih Change Drive Letter and Paths, kemudian menambahkan huruf drive. Pastikan untuk memilih salah satu yang tidak digunakan untuk drive lain.


Jangan lupa Anda dapat mencoba memasukkan drive ke PC kedua dan mencari untuk melihat apakah itu muncul dalam Manajemen Disk untuk menyingkirkan dan port USB yang buruk.

Cara untuk memperbaiki USB drive unrecognized: Lihat di Device Manager

Jika drive tidak bekerja pada komputer lain, ada masalah dengan komputer pertama. Ini mungkin masalah hardware atau software. Pertama, tekan tombol Windows dan R bersama-sama dan masukkan devmgmt.msc ke dalam kotak, lalu tekan Enter. Atau, tulis dev man di kotak pencarian menu Start danakan muncul seperti gambar dibawah



Memperluas Disk drive dan mencari perangkat dengan segitiga kuning dan tanda seru hitam di ikonnya. Jika Anda melihat salah satu, berarti anda memiliki masalah pada driver. Klik kanan pada perangkat dan pilih Properties dan membaca pesan kesalahan di kotak Device status. Jika solusi ini tidak jelas, coba cari di internet untuk kode kesalahan untuk melihat apa yang mereka maksud.

Ini bisa menjadi masalah hardware, tetapi jika itu masalah driver (klik tab Driver) Anda mungkin bisa memutar kembali ke Sistem baru Restore point atau download driver terbaru dari situs web produsen.



Anda juga dapat mencoba Update Driver, tombol untuk melihat apakah Windows dapat menemukan driver yang lebih baik (atau menginstal satu Anda download), atau gunakan tombol driver Roll Back jika tidak diklik.

Sebagai usaha terakhir, cobalah tombol Uninstall untuk meng-uninstall driver, kemudian klik OK dan pilih Pindai perubahan hardware di menu Action.

Juga terlihat di bawah Universal Serial Bus controller bagian dalam Device Manager, karena ada bisa menjadi masalah driver untuk salah satu pengendali USB komputer Anda, yang dapat menyebabkan pesan "unrecognised drive".



Hal ini sulit untuk melacak driver yang benar, tetapi jika Anda tahu Anda membuat motherboard dan model atau membuat dan model laptop Anda, Anda mungkin dapat menemukan, men-download dan menginstal driver terbaru.

Akhirnya, jika USB drive tidak diakui oleh komputer manapun dan tidak muncul dalam Manajemen Disk, ada kemungkinan tinggi itu telah gagal dan sayangnya akan perlu diganti dengan yang baru.
Sourche: azkamaja

2 Responses to "Cara Memperbaiki USB Not Recognized pada Komputer Anda "

  1. kalo, FD yang ga bisa diformat gimana gan? sarannya hehe thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemm berarti rusaknya udah parah, sebaiknya ganti baru aja mas

      Hapus