CARA MENGANALISA KERUSAKAN DAN MEMPERBAIKI PRINTER CANON,HP EPSON,BROTHER YANG MATI TOTAL

CARA MENGANALISA KERUSAKAN DAN MEMPERBAIKI PRINTER CANON,HP EPSON,BROTHER YANG MATI TOTAL



Ada beberapa kasus yang sering dihadapi oleh pemilik printer seperti printer macet, mati suri bahkan mati total, nah jika sudah mati total apa yang harus kita lakukan, ada 2 kemungkinan mati total yang tidak dapat diperbaiki lagi secara pribadi karena ada komponen yang harus diganti, atau mati total yang bisa jadi dikarenakan oleh masalah-masalah sepele yang tidak kita sengaja, oleh karena itu sebaiknya kita cek dulu secara teliti sebelum kita memutuskan untuk membawa ke tukang servis, selain irit biaya kita juga dapat mengantisipasi kejadian serupa dikemudian hari.

Langkah memperbaiki printer rusak mati total seperti dibawah ini:

Buka casing printer dengan melepas baut pada bagian depan, atas dan belakang.Lepas casing dengan menjungkit mulai dari pengait di bawah printer.Langkah selanjutnya periksa power suply dengan melepas power suply pada bagian belakang dan cabut slot kabel dari mainboard.Identifikasi awal adalah dengan mengukur tegangan power suply sebesar 45 watt dengan tegangan 220 vollt menggunakan multi tester. Bila setelah diukur tidak ditemukan besar nilai tegangan atau dibawah nilai 45watt, maka kerusakan terjadi pada power suply. Harga power suply sekitar Rp.100.000,-Tapi jika power suply masih baik, langkah selanjutnya periksa mainborad dan lihat apakah ada komponen dalam mainboard ada yang mati. Ini membutuhkan keahlian khusus dalam bidang elektronika.Untuk lebih mudah, sebaiknya pinjam printer yang sama kepada teman atau saudara yang mempunyai tipe printer yang sama. Pindah mainboard yang pinjam ke printer Anda. Rakit kembali printer Anda dan cek dengan power On, apabila printer menyala berartoi kerusakan terletak pada board printer. Untuk mengganti board printer, harga standard kira-kira Rp.250.000,- pertimbangkan dahulu apakah akan mengganti mainboard atau membeli printer baru jika mengalami kerusakan demikian.

Pada printer Canon, sering terjadi kerusakan mati total disebabakan oleh kedua komponen tersebut. paling sering terjadi pada bagian mainborad karena disebabkan tegangan yang tidak teratur akan menyebabkan IC dan beberapa Elko yang berfungsi untuk mengatur tegangan yang dibutuhkan mati. Semoga tips cara memperbaiki printer rusak diatas bermanfaat untuk pembaca dan nantikan tips yang lain seputar printer dan permasalahannya.
Sourche: azkamaja