-->

Senin, 30 Januari 2023

Cara Mengganti Background Blog Dengan Gambar dan Warna ~ Mungkin seringkali kita merasakan tampilan background blog atau latar belakang blog kita yang itu itu saja,  terlintas dalam pikiran ingin merubah atau mengganti tampilan background dengan model yang lain bukan ?. Memangmengganti background blog atau mengubah gambar latar belakang blog bukan merupakan suatu hal yang harus diprioritaskan dalam membangun sebuah blog. Akan tetapi sah sah saja jika anda menginginkan untuk menggantinya  dengan tujuan menambah keindahan tampilan sebagai salah satu daya tarik blog anda.

cara mengganti background blog


Mengganti background template bawaan dari google mungkin tidak menjadi suatu masalah yang merepotkan, akan tetapi kebanyakan para blogger sudah menggunakan template blog dari pihak ke-3 (pihak ketiga) yang dianggap lebih seo. Dan tentunya kita juga dihadapkan harus dapat meng-edit kode HTML yang ada jika ingin mengganti latar belakang template tersebut.
Sebagai blogger pemula saya ingin berbagi cara mengganti background blog dengan latar belakang yang baru, saya akan membagi menjadi 2 kategori latar belakang, yaitu kategori background warnadan kategori background gambar.

Cara mengganti background blog dengan warna

Biasanya CSS body akan terlihat seperti model di bawah ini :

 body {background : #FF0000;
----
----
}
cara mengganti warnanya adalah :

    1.  Login dahulu ke blog anda
    2.  Pilih Template pada menu blogger anda
    3. Pilih Edit HTML
    4. Cari kode yang mirip dengan kode di atas (cari dengan menggunakan Ctrl + F)

 seperti : body{background:#610B0B center top no-repeat;font-family: Arial, Helvetica, Sans-serif;font-size: 12px;margin:0px;padding:0px;}

    5. Setelah ketemu ganti kode di samping # (warna biru) dengan kode warna html yang telah anda tentukan    6. Klik pratinjau dahulu , lihat tampilan sementara apakah sudah sesuai dengan keinginan anda, jika ya silahkan anda save template, jika belum klik edit template dan silahkan diganti lagi kode  di samping # tadi, hingga warna backgroundnya sudah sesuai dengan keinginan anda.
Nilai dari #000000 dapat berbentuk seperti #6495ed atau #cccccc yang kita sebut kode hex (hexa) silahkan pilih mau menggunakan kode warna yang sesuai dengan keinginan, anda juga bisa melihatkode warna html untuk memilih kode warna yang anda inginkan. Jadi prinsipnya ganti saja kode warna CSS BODY pada attribut background tersebut.

Cara mengganti background blog dengan gambar

 Kembali lihat bentuk umum kode body adalah seperti di bawah ini :
 body {background : url (http://3.bp.blogspot.com)
---
---
}
cara mengganti gambarnya adalah :

    1.  Login dahulu ke blog anda
    2.  Pilih Template pada menu blogger anda
    3. Pilih Edit HTML
    4. Cari kode yang mirip dengan kode di atas (cari dengan menggunakan Ctrl + F)

misalnya seperti di bawah ini :


body{background:#610B0B url(http://3.bp.blogspot.com) center top no-repeat;font-family: Arial, Helvetica, Sans-serif;font-size: 12px;margin:0px;padding:0px;}
ganti saja kode yang mirip seperti itu (warna biru ) sesuai dengan url gambar yang telah disiapkan.
Demikian artikel cara mengganti background blog dengan gambar dan warna, semoga dapat bermanfaat.
Sourche: http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/



Baca Artikel Terkait: