Cara Mudah Memasang Google Adsense Di Blog

Cara Mudah Memasang Google Adsense di Blog


Adsense adalah layanan periklanan milik Google, dimana Goggle bekerja sama dengan pemilik suatu situs web, blog, atau youtube untuk dipasangi iklan. Para pemilik situs tersebut nanti akan dibayar oleh Google dengan metode Pay Per Click (PPC). Agar mempermudah pembaca sekalian, selanjutnya saya akan mempersempit cakupan bahasan mengenai pemasangan Adsense untuk blog saja.

Bagaimana Google Adsense membayar anda? Google akan membayar anda tiap awal bulan jika pendapatan anda dari iklan Adsense sudah melebihi $100 tiap bulannya. Nah, untuk mereka yang belum mencapai $100 per bulannya, jumlah pendapatan akan diakumulasi hingga mencapai $100 dulu, baru nanti Google akan mengirimkan pendapatan di awal bulan berikutnya.

Banyak metode pembayaran yang Google tawarkan. Untuk wilayah Indonesia, menggunakan Western Union adalah cara menerima pembayaran terbaik. Selain mudah dan cepat, Western Union juga sudah terintegrasi dengan hampir semua bank besar di Indonesia sehingga pendapatan dari iklan Google Adsense bisa diambil kapanpun dan dimanapun.

Walaupun menggiurkan, tetapi tidak serta-merta setiap blog bisa di terima oleh Google untuk bekerjasama. Para pemilik blog harus mengajukan permohonan kerjasama ke pihak Google Adsense. Kemudian nanti Google akan me-review blog tersebut apakah layak untuk di terima bekerja sama atau tidak.

Jika anda tidak punya waktu untuk membaca step by step-nya, anda bisa langsung melompat ke bagian bawah post ini untuk langsung melihat bagian kesimpulan, dan melihat mengenai apa saja yang dibutuhkan sebuah blog untuk bisa diterima bekerja sama dengan Google Adsense.

Berikut ini adalah step by step dari mulai pembuatan blog hingga cara blog anda cepat diterima oleh Google Adsense:


Mulailah membuat blog

Membuat blog di zaman sekarang ini lebih mudah dibandingkan ketika internet baru-baru muncul. Setiap pemilik blog tidak perlu mengerti mendalam mengenai pengkodean HTML atau CSS, karena sudah dipermudah oleh penyedia jasa blog.

Banyak situs penyedia jasa layanan dan pembuatan blog secara gratis di internet. Tetapi yang paling terkenal dan sering digunakan adalah BloggerWordpress, dan Tumblr. Saya sarankan untuk membuat blog di Blogger karena merupakan jasa layanan blog milik Google yang sudah terintegrasi dengan Google Adsense. Selain itu, membuat blog di Blogger memberikan nilai lebih terhadap blog anda ketika nanti akan bekerjasama dengan Google Adsense.


Design blog milik anda

Situs penyedia jasa layanan pembuatan blog biasanya sudah menyediakan template design yang sudah jadi. Anda hanya tinggal memilih design yang anda suka untuk blog anda. Proses pengeditannya pun tidak sulit, anda hanya tinggal sedikit mengedit background, warna, font, dsb.

Atau jika anda tidak begitu suka dengan design yang sudah disediakan, anda bisa mencari designblog secara manual di internet. Banyak situs penyedia template design blog secara gratis, salah satu contohnya adalah situs Btemplates.

Setiap design blog yang anda pilih biasanya sudah memiliki column (kolom) tersendiri. Lazimnya sebuah blog memiliki 2-4 column. Saya pribadi menyukai design blog dengan 2 column karena lebih terlihat lega dan enak dibaca. Tapi ada juga yang senang menggunakan 3 column untuk mempermudah memasang iklan dan internal link. Ada juga design blog dynamic view yang tidak terbatas pada column.


Optimalkan design

Gunakan kombinasi warna design yang enak dipandang mata agar mempermudah pengunjung membaca dan melihat tulisan blog anda. Jika bingung memilih warna yang pas, anda bisa buka situs Color Combos. Situs tersebut menyediakan pilihan kombinasi warna yang menarik untuk paradesigner atau blogger.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan selain warna adalah font. Gunakanlah jenis font yang lazim dalam penulisan formal misalnya Calibri, Times New Roman, Arial, dsb. Selain itu gunakan juga ukuran font yang pas dan mudah dibaca, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Jangan lupa warna font dan warna design blog jangan sampai tumpang tindih sehingga menjadi tidak terbaca.


Gunakan responsive design
Dengan berkembangnya zaman, membuka internet sudah tidak lazim lagi menggunakan PC, tetapi bisa dilakukan di media mobile, seperti smartphone atau tablet. Oleh karena itu design suatu blog pun harus bisa menyesuaikan dengan resolusi media yang ada. Design blog yang bisa menyesuaikan dengan resolusi media dinamakan responsive design. Perlu diingat bahwaresponsive design berbeda dengan mobile design dari suatu blog.

Keuntungan dari responsive design ini adalah design blog tetap utuh dan tidak merusak isi tulisan walaupun di buka di media apaapun. Sehingga bisa meningkatkan traffic, terutama dari mereka yang membuka internet dari media mobile. Untuk pilihan design blog yang responsive, anda bisa buka link berikut: CSS Author: Free Responsive Blogger Templates.


Mulailah menulis

Setelah selesai membuat design untuk blog anda, sekarang saatnya memulai membuat tulisan. Mulailah membuat tulisan yang orisinil, bukan hasil jiplakan atau copy-paste dari situs lain. Gunakan bahasa tulisan dan tanda baca yang baik sehingga orang mudah membaca tulisan anda.

Agar tidak bingung harus menulis apa, buatlah tulisan yang sesuai dengan bidang yang anda gemari dan geluti. Sebagai contoh, karena saya seorang tenaga kesehatan, maka saya banyak menulis mengenai kesehatan.

Lalu untuk mempermudah mencari inspirasi tema tulisan, anda bisa membuka Google Trend untuk melihat kata kunci yang trend orang cari di mesin pencari Google. Google Trend sudah mengurutkan kata kunci apa saja yang sedang trend dicari orang sehingga mudah untuk dicari dan dilihat. Selain itu, topik yang sedang trend tersebut bisa diurutkan berdasarkan negara, waktu, kategori, dsb.


Bahasa Inggris atau Indonesia?
Google Adsense tidak membatasi anda untuk menulis dalam bahasa Inggris. Asalakan tulisan anda berkualitas, walaupun dalam bahasa Indonesia, Google Adsense akan mau bekerja sama dengan anda.

Hindari membuat blog dalam bahasa daerah jika anda berencana bekerja sama dengan Google Adsense. Karena pembacanya hanya terbatas pada daerah tersebut saja, biasanya Google akan menolak bekerja sama.


Buatlah tulisan yang SEO
Terkadang hanya menulis saja tidak cukup, tetapi dibutuhkan tulisan yang Search Engine Optimization (SEO). Tulisan yang SEO itu adalah tulisan yang masuk peringkat halaman pertama Google saat orang lain mencari kata kunci yang mereka inginkan di Google. Tulisan yang SEO dapat meningkatkan jumlah traffic pengunjung blog anda.

Untuk tutorial membuat tulisan yang SEO, dapat dilihat pada panduan yang dibuat oleh Google dalam format PDF: Search Engine Optimization Starter Guide 


Membuat tulisan yang ramai traffic

Agar tulisan anda banyak dikunjungi orang, buatlah posting tulisan yang bisa dicari siapa saja di Google. Tulisan tersebut harus bisa dibaca siapa saja; disukai oleh laki-laki dan perempuan; disukai oleh semua usia; dan juga menarik dibaca kapan pun. Biasanya tulisan seperti ini membahas mengenai kesehatan, agama, lowongan kerja, dsb.

Sebagai contoh, jika anda membuat posting tulisan mengenai review (ulasan) film. Tulisan yang anda buat hanya terbatas pada orang yang sedang mencari film tersebut saja di Google. Belum lagi jika filmnya sudah tidak tayang dan tidak trend lagi, maka orang akan jarang mencari mengenai film tersebut di Google. Maka untuk mengakalinya, anda harus banyak menulis review film setiap ada film baru yang terkenal agar meningkatkan traffic blog anda.

Atau jika anda menulis mengenai piala dunia 2014. Target pembaca anda hanya mereka yang menggemari sepak bola saja. Dan juga karena piala dunia bersifat musiman, traffic pengunjung anda hanya akan meningkat saat musim piala dunia saja.

Maka agar traffic pengunjung situs anda stabil, buatlah tulisan yang bersifat "abadi". Sebagai contoh adalah tulisan mengenai kehamilan, setiap saat dan setiap waktu pasti ada saja wanita yang hamil. Oleh karena itu tulisan mengenai kehamilan bersifat abadi dan akan terus dicari wanita hamil atau para suami yang ingin mengetahui masalah kehamilan.


Buatlah internal link
Jika tulisan anda sudah cukup banyak, sudah saatnya anda memikirkan untuk membuat internal link. Internal link adalah sebuah link (tautan) yang mengaitkan setiap tulisan anda dengan tulisan yang lain sehingga semua tulisan anda bisa terbaca oleh pengunjung. Yang paling diharapkan dari efek internal link ini adalah meningkatkan traffic dari blog anda.
Sebagai contoh, blog Arga Aditya yang saya buat ini menggunakan 2 internal link. Untuk yang pertama, saya menggunakan internal link yang disediakan pada widget situs Blogger. Lalu saya taruh di kolom sebelah kanan dan saya beri judul "Judul Favorit".

Selanjutnya saya menambahkan internal link lain dari situs penyedia jasa internal link gratis,nRelate. Diantara semua situs penyedia jasa internal link, nRelate merupakan situs terfavorit dan termudah untuk diintegrasikan di blog anda. Selanjutnya internal link nRelate ini saya taruh dibagian bawah setiap post Blog saya, lalu saya beri judul "Baca Juga Artikel Ini".

[UPDATE]
Pada akhir tahun 2014, situs nRelate mengalami bangkrut sehingga layanan internal link gratisnya ditutup. Saya pribadi sekarang beralih ke Content.ad.

Untuk daftar lengkap situs penyedia jasa internal link gratis dan berbayar bisa, dilihat di situs berikut: Gretchenlouise: Related Posts Plugins


Buatlah pages dibagian atas

Nama lain dari pages ini adalah horizontal navigationPages bertujuan untuk mempermudah pembaca mencari informasi seputar blog anda. Usahakan cantumkan daftar isi di pages agar mempermudah pembaca mencari tulisan anda yang lain. Jangan lupa sertakan juga contact person di pages sehingga isi dari blog anda bisa dipertanggungjawabkan.



Integrasikan blog anda dengan layanan Google lainnya
Dengan membuat blog di Blogger, dengan otomatis anda sudah memiliki Google Account untuksign in ke setiap layanan Google. Tetapi jika belum memiliki Google Account, usahakan anda harus membuatnya agar bisa digunakan untuk membuka setiap layanan Google.

Layanan Goggle yang paling penting untuk anda integrasikan ke dalam blog anda adalah layanan pengelolaan situs yaitu Google Webmaster Tools, dan layanan analisa situs yaitu Google Analytics. Salah satu syarat utama untuk bisa diterima oleh Google Adsense adalah blog anda harus sudah terintergrasi dengan kedua layanan tersebut.

Untuk tutorial cara memasang Google Analytics di blog anda anda bisa buka situs ini: Wikihow: Add Google Analytics to Blogger.

Selain 2 situs tersebut, integrasikan juga comment section di blog anda dengan Google+ agar meningkatkan nilai lebih dari blog anda. Atau jika anda mau lebih baik, anda bisa mengintegrasikan comment section blog anda dengan Facebook atau dengan Disqus.


Apakah perlu layanan web hosting?
Dengan menyewa dan menggunakan layanan web hosting, blog anda akan memiliki nama domain sendiri. Sebagai contoh blog saya sebelumnya ber-domain argaaditya.blogspot.com. Setelah menyewa layanan web hosting, blogspot-nya menghilang, dan menjadi www.argaaditya.com.

Lalu apakah perlu hosting? Perlu. Dengan memiliki domain sendiri, anda bisa meningkatkan nilai lebih suatu blog baik dari segi SEO, traffic, maupun saat nanti bekerjasama dengan Google Adsense. Menyewa layanan web hosting menjadi sangat perlu terutama bagi mereka yang tidak menggunakan Blogger sebagai jasa pembuatan blog. Google sedikit mempersulit untuk melakukan kerja sama dengan blog lain selain Blogger, oleh karena itu web hosting menjadi suatu keharusan.

Sebetulnya banyak blog yang menggunakan Blogger, tidak menyewa domain, tetapi bisa bekerja sama dengan Google Adsense. Hal ini agak sulit dilakukan, karena blog tersebut mesti memilikitraffic yang banyak dan stabil. Dan hal itu hanya bisa ditunjang dengan memiliki posting tulisan yang berkualitas.
Saya pribadi menggunakan hosting dengan server Indonesia yaitu IDwebhost.com. Salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang bermarkas di Yogyakarta. Keuntungan hosting dengan server di dalam negeri salah satunya adalah mempermudah kita komunikasi dengan sales dan teknisi jikalau kita membutuhkan bantuan. Selain itu, metode pembayarannya pun praktis karena menggunakan bank dalam negeri, hanya tinggal transfer dan tidak memerlukan kartu kredit.

Untuk tutorial mengenai cara hosting blog di IDwebhost, bisa buka link berikut: Cara Cepat Hosting Blog di IDwebhost.


Mengajukan kerjasama dengan Google Adsense

Blog yang di terima Google minimal mesti berumur 3-6 bulan dan memiliki pengunjung yang stabil. Jika blog dibuat dalam bahasa Indonesia, maka lebih baik jika blog tersebut sudah berumur diatas 6 bulan karena Google menghitung traffic pengunjung blog tersebut. Jika blog yang anda buat baru, sambil menunggu beberapa bulan, alangkah baiknya memperbanyak posting tulisan di blog anda.

Lalu jika blog anda sudah cukup umur dan sudah dirasa cukup memiliki posting tulisan yang baik, alangkah baiknya anda mulai mengajukan blog anda di Google Adsense. Google Adsense tidak membatasi berapa posting tulisan yang sudah anda miliki. Walaupun hanya memiliki 10 postingtulisan, asalkan posting anda itu berkualitas dan orisinil, serta banyak orang mencari tulisan anda, maka kemungkinan blog anda diterima lebih besar.

Sejak akhir 2013, Google mewajibkan setiap pemilik blog yang mengajukan kerja sama dengan Adsense untuk memasang kode HTML iklan yang disediakan Adsense di blog masing-masing. Nanti kode tersebut anda tempatkan di widget HTML blog anda. Tujuan dari memasang kode iklan ini adalah agar pihak Google bisa cepat me-review blog anda.


Saatnya menunggu dan memperbanyak tulisan 
Jika sudah mengajukan blog anda ke Google Adsense dan sudah memasang kode HTML ikan di template blog anda, maka sekarang anda tinggal menunggu jawaban dari pihak Google Adsense. Kurang lebih dalam tempo 1 minggu hingga 2 bulan pihak Google Adsense akan mengirim e-mailjawaban apakah blog anda diterima untuk bekerja sama atau tidak.


Jika sudah bekerja sama dengan Google Adsense

Tidak bosan-bosannya saya mengingatkan, perbanyak tulisan dan terus perbanyak tulisan. Tujuan dari memperbanyak tulisan ini adalah untuk meningkatkan traffic pengunjung blog anda sehingga kemungkinan pengunjung anda meng-klik iklan lebih besar. Jangan lupa juga buatlah tulisan yang berkualitas dan SEO, agar ketika orang lain mencari tulisan yang mereka inginkan, maka Google langsung mengarahkan ke blog anda.

Patuhi aturan yang dibuat oleh Google Adsense agar situs anda tidak di black list. Berikut aturan-aturan yang wajib dipatuhi pemilik blog: https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=en

Usahakan penempatan iklan anda menarik, bisa dilihat orang banyak, dan tidak mengganggu tulisan anda. Lalu ketahui juga maksimal iklan yang bisa ditayangkan di blog anda. Maksimal iklan yang bisa ditayangkan di blog anda adalah 3 iklan Adsense for content dan 3 iklan link unit. Berikut aturan Google Adsense mengenai penempatan dan jumlah iklan:https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=en

Sambil meningkatkan jumlah traffic blog anda dengan posting-an tulisan baru, tidak ada salahnya anda juga membuat blog baru. Buatlah blog baru dengan tema yang lain dari blog sebelumnya. Diharapkan dengan memiliki beberapa blog, anda bisa meningkatkan traffic sehingga pemasukan dari Google Adsense bisa meningkat.


Kesimpulan
Setelah panjang lebar saya bercerita mengenai cara cepat agar blog anda diterima Google Adsense, selanjutnya saya simpulkan poin-poin penting yang perlu anda ketahui:
  • Buatlah blog di Blogger karena sudah terintegrasi dengan Google Adsense.
  • Buatlah design yang menarik dan jelas dipandang mata.
  • Gunakan jenis dan warna font yang baik dan jelas dibaca.
  • Usahakan memilih design blog yang sudah mendukung responsive design sehingga tidak merusak design blog walaupun dibuka di media manapun.
  • Menulislah dengan bahasa tulisan dan tanda baca yang baik agar mempermudah pembaca membaca tulisan anda.
  • Buatlah tema tulisan yang search engine optimization (SEO) dan dicari orang banyak.
  • Buatlah internal link untuk membuat link antara tulisan anda agar semua tulisan anda bisa terbaca oleh pengunjung.
  • Buatlah daftar isi dan contact person dengan menggunakan feature Pages dari Blogger.
  • Integrasikan blog anda dengan Google Webmaster dan Google Analytics.
  • Usahakan sudah memiliki domain sendiri dengan menyewa layanan web hosting.
  • Mulailah mengajukan permohonan kerjasama blog anda di situs Google Adsense.
  • Jika sudah mengajukan permohonan, pasang kode HTML iklan Adsense di blog anda agar permohonan anda bisa di-review oleh pihak Google Adsense.
  • Setelah menunggu beberapa minggu hingga bulan, nanti anda akan dikirimi e-mail oleh pihak Google Adsense apakah blog anda bisa diterima bekerja sama atau tidak.
  • Setelah berhasil bekerja sama dengan Google Adsense, jangan lupa patuhi aturan-aturan yang berlaku. souurche: argaaditya.com

16 Responses to "Cara Mudah Memasang Google Adsense Di Blog"

  1. Mantap mas penjelasannya
    terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  2. Begitu baca ini artikel saya langsung pasang iklan adsense saya.Padahal saya dulunya males banget masang diblog..hehe..trims ya Mas untuk tutornya.

    ReplyDelete
  3. nice gan lanjutkan nek jare SBY hahahaha

    ReplyDelete
  4. Bagus nih artikelnya. Saya masih awam di dunia blogger. ternyata nanti bisa menghasilkan pundi pundi uang ya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om,,klau kita bsa memaksimalkn blog bnyk dollar yg kita dpt

      Delete
  5. Oh jadi banyak hal ya gan yang harus dipelajari untuk daftar adsense

    ReplyDelete