Ikuti Cara Ini, Cara cepat mengatasi Masalah DVD Drive tidak terbaca

Ikuti Cara Ini, Cara cepat mengatasi Masalah DVD Drive tidak terbaca


Apakah anda punya dvd? Sering menonton film, menyimpan data, instal windows atau yang lainnya? Jika ya maka anda sudah pernah menggunakan DVD Drive, Tahukah anda bahwa DVD drive merupakan perangkat yang sensitif dan mudah rusak.

Hal yang menjengkelkan adalah jika anda sudah siap menonton film, main game, atau ingin menginstal sebuah program tetapi tidak bisa karena DVD drive tidak bekerja atau tidak membaca data. Berikut adalah langkah cepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Silahkan pilih cara dibawah ini yang sesuai dengan jenis kerusakan perangkat anda dan ikuti langkahnya untuk menemukan jenis masalah, mudah-mudahan DVD drive anda dapat bekerja kembali seperti semula.

Tentu saja jika Anda memiliki masalah dengan DVD drive, hal pertama yang harus dicoba adalah DVD lain. Jika masalah tampaknya ada pada DVD anda, cobalah membersihkan dengan kain lembut atau larutan pembersih DVD. Jika drive tidak bekerja semua, maka periksa koneksi untuk drive eksternal anda. Untuk drive internal, periksa komputer kipas pendingin, filter, dan ventilasi. DVD drive kadang-kadang bisa menjadi yang paling rentan terhadap panas masalah.

 

1) DVD Drive Tidak mendapatkan cukup daya


Penyebab paling umum dari masalah DVD ini merupakan masalah dengan koneksi listrik atau daya. Hal ini terutama berlaku pada drive eksternal.  Periksa semua sambungan listrik, periksa colokan ke stop kontak atau outlet strip dan perhatikan apakah semua bekerja normal.

Untuk DVD drive internal pada sistem desktop, anda bisa lepaskan penutup dan mencoba menghubungkan konektor power yang berbeda dari baki listrik. Jika DVD drive mulai bekerja, maka ada masalah dengan power supply PC ke DVD drive.Jika tidak, maka DVD drive tidak dapat ngangkat

Jika DVD drive tetap mati maka mungkin sudah waktunya untuk membeli DVD Drive baru atau di servis ke ahlinya.

2) DVD Drive Tidak dapat membuka padahal memiliki Daya


Jika DVD tampaknya memiliki daya, tapi pintu DVD drive tidak terbuka, tekan tombol pembuka beberapa kali. Jika masih tidak berhasil, coba restart komputer kemudian membuka DVD drive.

Jika drive masih tidak membuka kemudian klik kanan drive DVD di My Computer dan pilih Eject.Jika itu tidak berhasil, saatnya untuk melakukan eject DVD secara darurat. gunakan ujung kertas dan masukan ke dalam lubang kecil di sebelah tombol eject DVD drive.Bersiaplah untuk menghadapi disk unseated yang mungkin terjadi atau untuk menjaga drive jika tiba-tiba segera menutup lagi. Menggunakan eject darurat juga akan membuka DVD drive ketika daya komputer dimatikan.

3) Windows tidak mengenali salah satu DVD Drive


Jika Anda memasukan DVD ke dalam drive dan tampaknya tidak terbaca atau memuat DVD,  hal pertama yang harus dilakukan adalah merestart komputer anda, jika itu tidak berhasil, lakukan verifikasi status DVD drive.

Untuk memeriksa status DVD drive, buka My Computer > klik kanan drive dan pilih Properties.Window Properties akan mengatakan jika perangkat tersebut bekerja dengan benar. Jika Windows mengenali masalah dengan hardware atau driver DVD drive, itu akan dicatat di sini.Properties juga dapat diperiksa dengan mengklik kanan perangkat di windows device manager(Control Panel - System). Device Manager akan menempatkan tanda seru di samping perangkat yang tidak bekerja dengan benar.

Software dan konfigurasi masalah biasanya dapat diselesaikan dengan pengaturan yang tepat atau instal ulang driver. Pengaturan drive dapat ditambahkan atau diubah dengan mengakses pengaturan BIOS selama start-up. Jika Anda tidak yakin bagaimana caranya untuk masuk BIOS, cari petunjuk yang jelas saat muncul di monitor selama start-up.Jangan menggampangkan tugas ini, sengaja atau tidak benar dalam mengubah pengaturan BIOS lainnya hanya akan membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Jika semuanya gagal, Anda dapat memverifikasi koneksi, terutama pada drive eksternal. Jika DVD drive tidak pernah merespon, maka mungkin kegagalan yang memerlukan perbaikan dan penggantian.

4) DVD Drive Tidak dapat memainkan DVD


Jika DVD drive tampaknya memiliki daya, membuka dan menutup, dan tampaknya bekerja normal di Windows tapi masih tidak bisa mutar, maka (seperti dijelaskan di atas) hal pertama yang harus dicoba adalah menggunakan DVD lain, dan mungkin mencoba DVD di drive yang berbeda.

Jika Anda belum memeriksa status perangkat DVD drive, ikuti petunjuk di Bagian 3 untuk memverifikasi Windows agar dapat berkomunikasi dengan perangkat yang benar. Microsoft juga memiliki cara penyelesaian masalah online untuk DVD drive yang tidak dapat membaca DVD.

Umumnya, DVD drive telah terbukti menjadi bagian yang sangat handal dari sistem komputer.Kegagalan secara langsung memang agak langka, jadi jika Anda mengalami masalah dengan DVD drive Anda mudah-mudahan itu adalah masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan mengikuti langkah-langkah di atas
Sourche: azkamaja

0 Response to "Ikuti Cara Ini, Cara cepat mengatasi Masalah DVD Drive tidak terbaca"

Post a Comment