Ini PETUNJUK INSTALASI WINDOWS 10 MENGGUNAKAN USB FLASHDISK DAN DVD

Ini PETUNJUK INSTALASI WINDOWS 10 MENGGUNAKAN USB FLASHDISK DAN DVD

Setelah menunggu lama dan dilakukan pengujian selama berbulan-bulan akhirnya Windows 10 di rilis juga ke pasaran untuk menggantikan windows versi terdahulunya, pada windows 10 terdapat sejumlah pebaikan dan penyempurnaan dari versi terdahulunya, dengan adanya kelebihan yang diberikan sudah banyak pengguna diluar sana yang tidak sabar untuk mengupgrade windows mereka.

Anda dapat dengan mudah mengupgrade windows anda, dapat dilakukan dengan membeli file copy an di outlet windows terdekat, ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh windows demi kemudahan instalasi dan upgrade.

Namun, jika Anda membeli product key secara online atau mendapatkannya di internet, dan file intalasi original anda hilang, anda juga ingin menginstal program secara normal, anda perlu membuat DVD instalasi anda sendiri atau menggunakan USB stick (flasdisk dll) sebagai media instalasi yang dikenal orang dengan nama disc bootable atau disk boot, boot drive.

cara diatas bisa berguna jika Anda mencoba untuk menginstal pada perangkat baru tanpa OS yang terpasang, dan jika ada kesalahan saat anda menginstal program ke komputer anda.

Untungnya hal ini tidak sesulit apa yang anda pikirkan, dan kami akan memberikan solusi langkah demi langkah panduan untuk menginstal Windows 10 dari stick USB atau DVD.

 Apa saja yang diperlukan?



Mungkin saat ini pilihan termudah untuk membuat backup instal drive adalah melalui USB.Jika Anda berencana untukmenggunakan cara ini, Anda hanya membutuhkan USB flash drive yang kapasitasnya minimal 4GB. Perlu diingat bahwa semua file yang tersimpan di drive akan terhapus, jadi pastian anda melakukan backup terlebih dahulu untuk mengamankan data-data penting anda.

Atau selain menggunakan cara diatas, Anda juga dapat menginstal dengan DVD jika komputer Anda kebetulan memiliki optical drive.

Kini saatnya dimulai.! Anda perlu product key yang harus anda siapkan sebelum instalasi. Anda dapat menemukannya di email konfirmasi anda jika anda membeli secara online, untuk pembelian secara eceran di toko-toko product key biasanya terdapat di box windows 10 yang anda beli,

 Download Windows 10 file ISO



Sebelum melakukan instalasi kita harus mempunyai file ISO Windows 10, file ISO pada dasarnya merupakan sebuah snapshot dari instalasi windows 10 karena nantinya akan muncul pada DVD atau USB Disk.

Di sinilah masalahnya. Saat ini, Microsoft telah membatasi download ISO sampai setelah Windows 10 diluncurkan. Namun, seperti Windows Insider, saya bisa men-download file yang diperlukan dari Microsoft di insider.windows.com sebelum adanya pembatasan lagi.

Ada sejumlah tempat di mana Anda dapat mendownload file ISO secara online jika. tapi saya akan merekomendasikan untuk men-download secara resmi dari Microsoft. Perusahaan kemungkinan akan menyediakan cara untuk men-download file ISO dengan alat resmi, seperti yang terjadi dengan Windows 8 dan Windows 8.1 untuk orang-orang yang menginstal dengan hanya mempunyai product key.

 Membuat installer di disk Anda



Setelah Anda men-download file ISO dan baik Rufus atau ImgBurn, saatnya untuk membuat disk instalasi Anda.

Untuk USB, masukkan flash drive Anda ke sebuah port pada komputer Anda dan jalankan Rufus dari layar utama, pastikan bahwa flash drive Anda dipilih sebagai tempat penginstalan, klik ikon disk berikutnya untuk "membuat disk bootable," dan pilih ISO Anda. Anda kemudian klik start dan tunggu prosesnya sekitar 10 menit.

Untuk membuat DVD menggunakan ImgBurn, anda hanya cukup menjalankan program dengan meletakkan disc anda di drive optik perangkat. Dari sana, pilih "write image file to disk" dan pastikan DVD drive Anda dipilih sebagai tujuan. Di bawah "source" header, pilih file ISO Anda dan kemudian klik ikon start. Perlu diingat bahwa proses ini mungkin memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan.

 Oke kita mulai..!!


 

Selanjutnya kita mulai melakukan penginstalan, hal ini cukuplah mudah jika anda pernah melakukan instal dari USB atau DVD sebelumnya. Oke, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan restart komputer anda dulu.

Ketika logo produsen muncul pada layar, tekan F12 atau F2 (terkadang setiap merk komputer berbeda, jadi sesuaikan saja) untuk masuk ke menu boot. Di sinilah Anda akan melakukan perintah instalasi windows dari boot instalasi anda.

Ketika menu boot muncul, cukup pilih apakah Anda ingin boot dari USB atau DVD, kemudian tekan enter. Dari sini, Windows 10 installer akan loading,silahkan tunggu.

 Instalasi hampir selesai





Sekarang kita bisa melihat cahaya di ujung terowongan, tetapi ada beberapa langkah yang lebih penting untuk melaluinya. ketika Windows 10 installer sedang memuat, Anda akan dihadapkan pada memilih pengaturan bahasa anda dan klik berikutnya dan kemudian "Install Now."

Setelah Anda setuju dengan perjanjian lisensi, Anda akan disambut dengan layar di mana Anda dapat meng-upgrade atau melakukan instalasi khusus. Jika sebelumnya memiliki program Windows 7, 8, atau 8,1 lakukan saja instal, klik meng-upgrade dan ikuti langkah-langkahnya.

Jika komputer anda sebelumnya bersih dan tidak mempunyai program apa-apa, klik kustom. Layar berikutnya akan menampilkan partisi Anda. Jika pada komputer baru dan tanpa sistem operasi yang diinstal, cukup klik "unallocated space" partisi dan klik next. Jika Anda hanya akan ingin instalasi yang sepenuhnya pada komputer Anda saat ini, Anda cukup menghapus partisi lama Anda, klik pada "unallocated space" dan kemudian klik next.

 Tahap Akhir



Pada tahap ini dan seterusnya anda cukup santai saja dan duduk dengan tenang karena Windows akan mulai menyalin file, dan dapat me-restart beberapa kali. Anda kemudian akan dipandu melalui beberapa layar di mana Anda dapat menyesuaikan pengaturan Anda, membuat account, dan masuk dengan Akun Microsoft Anda.

Setelah dipandu melalui proses setup dan membiarkan Windows melakukan hal tersebut. Perlu diingat bahwa Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan product key Anda untuk mengaktifkan Windows setelah semuanya sudah selesai diatur, segera aktifkan agar anda dapat sepenuhnya menggunakan windows 10 untuk perangkat anda,,oke enjoy dan selamat mencoba.
Sourche: azkamaja

0 Response to "Ini PETUNJUK INSTALASI WINDOWS 10 MENGGUNAKAN USB FLASHDISK DAN DVD"

Posting Komentar