Macam-Macam Adaptasi dan Contohnya

Macam-Macam Adaptasi dan Contohnya

Dari pengertian adaptasi di atas, berdasarkan jenisnya, adaptasi dibedakan menjadi 3, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

1. Adaptasi Morfologi dan Contohnya

Pengertian adaptasi morfologi adalah suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian bentuk atau alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Penyesuaian bentuk dan alat tubuh dari makhluk hidup umumnya berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Contoh adaptasi morfologi dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Contoh adaptasi morfologi tersebut misalnya adaptasi bentuk paruh burung atau tipe mulut serangga dengan cara makan dan jenis makanan mereka, adaptasi bentuk kaki burung sesuai tempat hidupnya, adaptasi bentuk gigi pada hewan karnivora, herbivora, dan omnivora, adaptasi ketebalan bulu sesuai suhu di tempat hidupnya, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai contoh-contoh adaptasi morfologi baik pada hewan maupun tumbuhan, Anda dapat berkunjung ke artikel ini.

2. Adaptasi Fisiologi dan Contohnya

Pengertian adaptasi fisiologi adalah suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian fungsi kerja alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Adaptasi fisiologis cukup sulit untuk diamati karena butuh penelitian terhadap jaringan dalam makhluk hidup itu sendiri.

Beberapa contoh adaptasi fisiologi yang terdapat pada makhluk hidup di sekitar kita misalnya osmoregulasi atau pengaturan tekanan osmosis pada ikan air tawar dan ikan air laut, pengeluaran urine pada manusia sesuai ketinggian tempat hidupnya, serta adaptasi sistem pencernaan pada hewan memamah biak. Untuk lebih mengetahui mengenai contoh-contoh adaptasi fisiologi, Anda dapat berkunjung ke artikel ini.

3. Adaptasi Tingkah Laku dan Contohnya

Adaptasi tingkah laku adalah suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian tingkah lakunya dengan lingkungan habitatnya. Penyebab adaptasi tingkah laku bisa disebabkan oleh pengaruh ketersediaan air atau ada tidaknya ancaman pada diri mahluk hidup itu sendiri.

Adapun beberapa contoh adaptasi tingkah laku misalnya mimikri pada hewan, pohon jati yang menggugurkan daunnya saat kemarau, keladi yang meneteskan air untuk mengurangi kelebihan air, rayap yang memakan kulitnya sendiri, paus yang secara periodik muncul ke permukaan air untuk bernapas, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui beragam contoh lain seputar adaptasi tingkah laku ini, Anda dapat berkunjung ke artikel ini.

Sourche: ebiologi.com

0 Response to "Macam-Macam Adaptasi dan Contohnya"

Post a Comment