Mari Berkunjung Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban Kuansing

Mari Berkunjung Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban Kuansing 

Terletak pada Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Air Terjun ini diberi nama Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran sungai kuantan. Ketinggian Air Terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatnya. Air Terjun tingkat pertama memiliki ketinggian sekitar 5 meter yang dimana Air Terjun menuju berbatuan yang cukup besar dan langsung menuju sungai Batang Kuantan yang dapat memikat mata anda.




Air Terjun tingkat kedua memiliki ketinggian sekitar 3 meter yang memiliki arus air cukup deras dan membentuk aliran semacam kolam di bawahnya. Air Terjun tingkat ketiga memiliki ketinggian sekitar 3 meter seperti Air Terjun tingkat kedua dan terdapat pahatan-pahatan alam yang membentuk aliran alam yang sangat indah yang di kelilingi tebing yang di lewati anak sungai.




Air Terjun tingkat keempat menjadi salah satu tempat spot utama untuk para wisatawan untuk merasakan keindahan dan segarnya Air terjun yang masih alami. Ketinggian tingkat keempat hampir sama dengan Air Terjun tingkat pertama, Kedua, dan Ketiga. Air Terjun disini cukup dalam, namun terdapat tali yang menyilang untuk membantu wisatawan yang tidak pandai berenang. 




Air Terjun kelima memiliki ketinggian sekitar 5 meter yang harus mendaki bukit yang cukup terjal. Air Terjun keenam dan ketujuh memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang terdapat berbatuan tinggi menjulang dengan ukiran alam bersatu padu yang membuat sebuah dimensi jatuhnya air terjun seakan-akan air terjun terjatuh dari langit. Air Terjun 7 Tingkat ini biasanya ramai dikunjungi saat acara balimau yang digelar satu hari sebelum menjelang bulan ramadhan.
Akses Lokasi Wisata Air Terjun 7 Tingkat
Wisata ini berjarak 37 Kilometer dari ibukota Taluk kuantan. Jika anda dari Kota Pekanbaru Riau, anda dapat menempuh sekitar 3,5 jam perjalanan menuju Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Teluk Kuantan. kemudian dari sanalah perjalanan anda belanjut menuju lubuk jambi sekitar 1 jam perjalanan. Selepas Kota Lubuk Jambi ibukota Kuantan Mudik akan di jumpai persimpangan jalan. jika anda kekiri akan menuju Kiliran Jao yang terdapat sebuah Air Terjun Guruh Gemurai Berada. Bila anda kekanan akan menuju ke Kota Lubuk Ambacang Ibukota Kecamatan Hulu Kuantan dengan jarak 11 Km. Waktu jarak untuk sampai ke Lubuk Ambacang dari Lubuk Jambi 20 menit degan keadaan jalan yang beraspal. Pada saat anda telah sampai di Lubuk Ambacang kemudian ingin menuju Lokasi Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban, anda harus menggunakan perahu bermesin karna belum ada akses jalan daratnya. Untuk menyewa Perahu atau Boat anda akan di kenakan biaya sewa sebesar 150 - 300 rb rupiah dengan waktu di tempuh selama 20 menit menuju Lokasi Air Terjun. Saat telah sampai di Lokasi anda akan dapat melihat Air Terjun Tingkat pertama yang sangat indah. Jika anda ingin menuju ke tingkat Air Terjun selanjutnya hingga Air Terjun Tingkat kempat maka anda akan melewati tebing-tebing terjal melalui tangga beton di antara pohon-pohon yang masih asri. Dari Air Terjun Tingkat keempat anda dapat menuju Air Terjun Tingkat kelima, keenam, dan ketujuh dengan menempuh medan yang lebih berat bahkan akan bergelantungan di atas akar-akar pohon yang memiliki jarak berkisar 50-100 meter untuk mencapainya. Dari Air Terjun tingkat ketujuh bila anda melihat dari atas ketinggian dan melihat kebawah anda akan melihat pada kolam Air Terjun ketujuh akan terlihat pelangi membentang dengan bentuk melingkar yang akan terlihat begitu indah. 




Tips jika anda ingin mengunjungi Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban, anda harus menyiapkan sepatu yang khusus untuk Outdoor karna dalam perjalan terdapat genangan air yang sangat licin. dan jangan lupa membawa bekal untuk makan anda disana, karna disana tidak ada penjual makanan dan minuman. 

0 Response to "Mari Berkunjung Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban Kuansing "

Post a Comment