MENGGUNAKAN FUNGSI PERINTAH WELD, TRIM, INTERSECT, SIMPLIFY, FRONT MINUS BACK, BACK MINUS FRONT DAN CREATE BOUNDARY PADA COREL DRAW

 MENGGUNAKAN FUNGSI PERINTAH WELD, TRIM, INTERSECT, SIMPLIFY, FRONT MINUS BACK, BACK MINUS FRONT DAN CREATE BOUNDARY PADA COREL DRAW



Kali ini saya akan membahas cara penggunaan perintah weld,trim,simplify,intersect,front minus back,back minus front dan create boundary.

Berikut gambar tool perintah trim,weld dll didalam halaman kerja corel draw.


Langsung aja ya ga usah basa basi

.

WELD


Weld berfungsi untuk menggabungkan 2 objek menjadi satu sehingga menghasilkan objek yang menjadi satu kesatuan, kalau bahasa kerennya 2 hati menjadi 1.

Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah :



TRIM


Trim di corel draw digunakan untuk memotong sebuah objek sehingga objek sasaran akan terpotong sesuai keinginan, untuk melakukannya kita persiapkan dulu objek sasaran dan objek yang akan digunakan untuk eksekutor(pemotong), blok semua objek sebelum eksekusi.
Contoh dibawah hanya garis besarnya saja supaya mudah di pahami,jika ingin bentuk yang berbeda silahkan sesuaikan sendiri.



INTERSECT

Intersect digunakan untuk menghasilkan objek baru yang terbentuk antara objek - objek yang digabungkan ( bingung ya dengan penjelasan saya?? sama saya juga,,hehe)

Langsung aja perhatikan contoh dibawah :



SIMPLIFY


Perintah simplify penggunaanya sama seperti Trim jadi saya bingung mau menjelaskan perbedaannya karena pada prakteknya sama,jadi tinggal anda saja lebih suka menggunakan trim atau simplify.



FRONT MINUS BACK


Front minus back fungsinya untuk memotong objek didepannya atau diatasnya,sebenarnya dungsinya juga hampir sama dengan trim bedanya hanya objek yang dibelakang akan menghilang setelah dieksekusi, yuk lihat contoh dibawah :



Nah gambar diatas adalah untuk Front minus back, kalau back minus front kebalikannya ya mas/mbak (mudah-mudahan ngerti deh :-D) 

CREATE BOUNDARY


kalau fungsi perintah create boundary sebenarnya juga mirip dengan fungsi Weld, persamaannya yaitu sama2 menghasilkan objek baru sedangkan perbedaannya create boundary objek awalnya masih ada dan tidak berubah.




Sekian tutorial singkat mengenai penggunaan fungsi perintah weld,trim dll, mungkin bagi para ahli sudah hafal diluar kepala. Namun bagi para newbie atau yang baru belajar corel draw pasti sangat bermanfaat.
Sourche:azkamaja

0 Response to "MENGGUNAKAN FUNGSI PERINTAH WELD, TRIM, INTERSECT, SIMPLIFY, FRONT MINUS BACK, BACK MINUS FRONT DAN CREATE BOUNDARY PADA COREL DRAW"

Post a Comment