Pembahasan Lengkap Kingdom Animalia (Dunia Hewan)

Pada bab ini, Anda akan diperkenalkan pada kelompok-kelompok dari kingdom Animalia yang beraneka ragam. Anggota kingdom animalia ini merupakan organisme penguasa berbagai ekosistem di bumi. Mereka juga merupakan karnivora yang menempati tingkat trofik atas. Beberapa hewan merupakan sahabat terdekat manusia yang dibesarkan dan dipelihara manusia.

Gbr: berpendidikan
Pertanyaan yang timbul adalah : Bagaimanakah klasifikasi kingdom Animalia? Adakah peran positif kingdom Animalia terhadap kehidupan manusia? Untuk itu, simaklah bab ini untuk menjawab pertanyaan seputar kingdom Animalia.

Sebelum menginjak ke sesuatu yang lebih sacral, alangkah lebih baiknya kita mempelajari terlebih dahulu mengenai ciri ciri umum kingdom Animalia. Berikut merupakan ciri – ciri dari kingdom animalia.

· Makhluk hidup multiseluler dan Eukariotik
· Memperoleh makanan secara heterotrof (tidak bisa membuat makanan sendiri)
· Memerlukan oksigen
· Bergerak aktif dan tidak mempunyai dinding sel
· Reproduksi secara seksual, pada beberapa filum secara aseksual
· Bentuk dewasanya selalu diploid (2n)

Setelah tahu tentang ciri ciri kingdom animalia, sekarang berlanjut ke pengelompokan / klasifikasi kingdom animalia.

Secara umum dalam Materi ini, kingdom animalia (Dunia Hewan) di kelompokkan menjadi 2 kelompok besar berdasarkan ada tidaknya tulang belakang yaitu : Hewan Tidak Bertulang Belakang (Invertebrata) dan Hewan Bertulang Belakang (Vertebrata). Kemudian dari masing-masing kelompok akan di pelajari beberapa filum yang termasuk dalam kelompok tersebut. Berikut penjabarannya.

0 Response to "Pembahasan Lengkap Kingdom Animalia (Dunia Hewan)"

Post a Comment