Pengertian dan Pembagian Kingdom Plantae (Dunia Tumbuhan)

Kingdom Plantae (Dunia Tumbuhan)

Kingdom plantae merupakan makhluk hidup yang sudah dapat dibedakan antara  akar, batang dan daun (kormophyta). Para ahli membagi dunia tumbuhan menjadi 2 kelompok yaitu tumbuhan non vaskuler (tumbuhan tak berpembuluh) dan tumbuhan vaskuler (tumbuhan berpembuluh).

Gbr: pakbin
Tumbuhan non vaskuler artinya tumbuhan yang belum memiliki pembuluh. Pembuluh dalam materi sma biologi ini merupakan jaringan yang tersusun atas sel sel yang dihubungkan satu sama lain yang berfungsi mengangkut air dan zat-zat hara ke seluruh tubuh tumbuhan.

Jenis tumbuhan yang termasuk dalam tumbuhan non vaskuler ini adalah kelompok tumbuhan lumut (Bryophyta).

Tumbuhan vaskuler artinya tumbuhan yang sudah memiliki pembuluh. Pembuluh dalam materi sma biologi ini merupakan jaringan yang tersusun atas sel sel yang dihubungkan satu sama lain yang berfungsi mengangkut air dan zat-zat hara ke seluruh tubuh tumbuhan. Ada 2 pembuluh inti dalam tumbuhan yaituxylem (pembuluh kayu) dan floem(pembuluh tapis). Xylem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun, terdiri dari sel-sel mati. Sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan, terdiri dari sel-sel hidup.

Jenis tumbuhan yang termasuk dalam tumbuhan vaskuler ini adalah Tumbuhan paku (Pteridophyta) dan Tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

Dalam materi biologi SMA,  kingdom plantae (dunia tumbuhan) terbagi menjadi 3 devisio. Untuk lebih jelasnya silahkan klik link dibawah ini untuk masing masing pokok bahasan.

1.     Bryophyta (Tumbuhanlumut) : Tumbuhan non vaskuler
2.     Pteridophyta(Tumbuhan paku) : Tumbuhan vaskuler
3.     Spermatophyta(Tumbuhan biji) : Tumbuhan vaskuler
Sourche: sitaresmiK

0 Response to "Pengertian dan Pembagian Kingdom Plantae (Dunia Tumbuhan)"

Post a Comment