Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Andalan Kuansing


Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Andalan Kuansing


Meskipun cuaca di daerah Sumatera cenderung panas, bukan berarti tidak ada wisata air yang menarik. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki Provinsi Riau adalah Air Terjun Guruh Gemurai. Air terjun ini terletak di Kabupaten Kuantan Singingi. Asal muasal nama Guruh Gemurai bersumber dari bahasa daerah setempat, yaitu Kuantan Singingi. Guruh artinya suara air terjun yang terdengar bergemuruh dan disusul gemurai yang artinya suara gemericik air. Maka itu penduduk setempat menyebutnya Air Terjun Guruh Gemurai.


Ketinggian wisata alam air terjun ini mencapai 20 m. Dengan lintasan air yang cukup tinggi itu, Anda akan mendengarkan irama percikan air yang menakjubkan dari riuhnya objek wisata air terjun di Riau ini. Mata Anda akan dimanjakan oleh suasana asri yang sudah sulit dijumpai di permukiman perkotaan modern di Sumatera. Kawasannya yang masih sangat alami dan jernihnya air juga menjadikan Guruh Gemurai semakin istimewa dan digemari pengunjung, terlebih pada hari libur ataupun juga akhir pekan. Selain memandang keindahan air terjun di Riau ini, Anda juga bisa bermain air sepuasnya di area bawah air terjun.
Lokasi

Obyek wisata alam milik Provinsi Riau ini berlokasi di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi. Tepatnya, di sekitar daerah Lubuk Jambi. Sekitar 25 Km sebelah Barat Daya dari Taluk Kuantan.
Akses

Akses menuju Air Terjun Guruh Gemurai tidaklah sulit. Selain dapat menggunakan kendaraan milik pribadi, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum yang dapat mengantarkan pengunjung hingga ke arah Kiliran Jao, yaitu perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Dalam perjalanan ini, pengunjung akan melewati sebuah Pasar Tradisional Lubuk Jambi. Tidak jauh dari arah pasar tersebut, terdapat sebuah jalan yang bercabang dua dan berbelok ke arah cabang sebelah kiri. Ini adalah daerah Desa Koto dimana Anda harus tetap waspada dalam berkendara sebab jalan sedikit menanjak dan berkelok. Cukup dalam waktu lebih kurang 15 menit, Anda akan disambut oleh gerbang bertuliskan SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA AIR TERJUN GURUH GEMURAI, tepat di sebelah kanan jalan besar.
Harga Tiket


Atas peraturan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, maka biaya untuk menikmati indahnya objek wisata Air Terjun Guruh Gemurai ini dibedakan menjadi dua kategori, yaitu berdasarkan jenis kendaraan dan usia pengunjung. Untuk kendaraan roda dua, dibebani biaya Rp. 1000,- dan Rp.1500,- untuk kendaraan roda empat. Sementara dari segi usia pengunjung, anak-anak dikenai biaya Rp. 1000,- dan Rp. 3000,- untuk dewasa. Wah, harga yang sangat terjangkau, bukan?
Fasilitas dan Akomodasi

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemeliharaan objek wisata, maka Pemerintah Daerah senantiasa melakukan upaya pembenahan untuk Objek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai. Selain Anda akan dimanjakan dengan panorama indah dan merdunya suara gemericik air, Anda juga akan merasa aman dengan keberadaan kendaraan sebab tersedia areal parkir di tempat wisata ini. Tidak hanya itu, apabila berminat untuk mengadakan event atau acara, lokasi Air Terjun Guruh Gemurai juga memiliki pentas terbuka. Tentunya, bagi umat muslim tidak perlu khawatir dalam melakukan ibadah selama berwisata di sini, karena juga dilengkapi dengan sarana ibadah Mushola. Jika Anda ingin bermalam terdapat beberapa hotel terdekat seperti Hotel Mitra Arena.
Sourche: gosumatra.com

0 Response to "Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Andalan Kuansing"

Post a Comment