Tempat Wisata Populer di Kab. Kampar Riau, Mari Berkunjung

Tempat Wisata Populer di Kab. Kampar Riau, Mari Berkunjung
     
Candi Muara Takus. (foto: www.indonesia.travel)
KAMPAR- Kampar adalah salah satu Kabupaten di Riau yang memiliki destinasi wisata indah dan menakjubkan. Jika objek wisata di Kampar diperhatikan dan diurus, bukan tidak mungkin daerah akan menjadi tujuan wisatawan utama dalam beberapa tahun ke depan.
Nah bagi Anda yang ingin mengunjungi objek objek wisata di Kampar, Anda bisa melihat beberapa tempat wisata di bawah ini. Semoga bisa menambah referensi wisata anda, ketika berkunjung ke Kampar.
Berikut Daftar Lengkap Objek Wisata Kampar:
1. Candi Muara Takus
Candi Muara Takus adalah salah satu tempat wisata populer di Kampar, Riau. Candi ini adalah satu satunya candi yang ada di Provinsi Riau. Ramai dikunjungi pada hari hari libur, terutama saat libur panjang sekolah.
Candi Muara Takus Terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat Desa Muara Takus sekira 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir Sungai Kampar Kanan.
Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan candi Tua, Sandi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka.(foto: winstar-hotel.com)
2. Mesjid Jami'
Mesjid Jami´ berlokasi di Air Tiris Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Mesjid Jami´ dekat Pasar Air Tiris Kecamatan Kampar, mesjid ini juga memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan mesjid-mesjid lain di Propinsi Riau. Mesjid ini dibangun pada tahun 1901. Pada puncak atapnya terdapat tingkatan menara yang cukup tinggi dan bahan bangunannya terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku besi. Di luar mesjid terdapat sebuah sumur yang di dalamnya terendam batu besar yang mirip kepala kerbau. Konon, batu tersebut selalu berpindah tempat tanpa ada yang memindahkannya.
Oleh masyarakat tempatan mesjid ini dianggap keramat dan kini banyak mendapat kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, terutama dari Singapura dan Malaysia untuk membayar nazar dan mandi di sumurnya. Kunjungan yang terbanyak sesudah Bulan Puasa atau pada hari raya Puasa Enam. (foto: www.hairilhabibi.com)
3. Istana Kerajaan Gunung Sahilan
Gunung Sahilan adalah sebuah desa di Kabupaten Kampar. Jika anda mengunjungi Kota Telukkuantan, maka Anda pasti akan melewati Gunung Gahilan. Desa ini memiliki objek wisata yang memiliki potensi besar yaitu Istana Kerajaan Gunung Sahilan. Tertarik mengunjunginya? (foto: herimulyadi.staff.unri.ac.id)
4. Taman Rekreasi Stanum
Objek wisata yang ke-4 adalah Taman Rekreasi Stanum.Terletak di Ibu Kota Kabupaten Kampar, Bangkinang, yang hanya berjarak 1 km dari pusat kota. Tempatnya menarik dan strategis, yakni berada di atas perbukitan yang berhawa sejuk dengan pepohonan yang rindang. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya tempat pemandian, musala, gedung perternuan, motel, restoran, panggung hiburan, bioskop dan Kolam Renang ”Indopura” berskala internasional, yang pembangunannya merupakan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan Angkatan Udara Singapura. (foto: wayangnusantara1.blogspot.com stanum)
5. Air Terjun Merangin
Objek wisata selanjutnya yang wajib Anda coba kunjungi di Kampar adalah Air Terjung Merangin. Terletak di Desa Merangin Kecamatan Bangkinang Barat, yang merupakan objek wisata yang memiliki keindahan alam berupa air terjun dan kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas.
Jenis objek wisata ini adalah wisata petualangan dengan menelusuri hutan sambil menikmati kesegaran dan ketenangan serta keindahan alam di dalam dan di sekitar hutan tersebut. Tertarik mencobanya? (foto: 
www.triptrus.com)
6. Museum Kandil Kemilau Emas
Selanjutnya tempat wisata di Kampar yang wajib Anda coba adalah berkunjung ke Museum Kandil. Museum ini berlokasi di Pulau Belimbing Kecamatan Bangkinang. Diresmikan pada 22 Mei 1988 berada di Pulau Belimbing Kuok Bangkinang. Museum ini adalah sebuah rumah berbentuk Rumah Adat Lima Koto Kampar yang dibangun sekitar tahun 1900 oleh almarhum Haji Hamid.
Kini dalam museum ini tersimpan berbagai barang antik koleksi yang memiliki nilai sejarah seperti barang tembikar, alat pertukangan, alat pertanian, alat-alat penangkap ikan, alat-alat kesenian, alat-alat pelaminan, alat-alat perdagangan, alat pesta dan lain-lain.
Di samping alat-alat tersebut tersimpan pula dayung perahu dagang terbuat dari kayu yang sangat kuat berasal dari abad ke 18, serta sebuah kompas yang terbuat dari bambu yang dibuat oleh bangsa China karena angka-angka yang tertulis pada kompas tersebut ditulis dalam aksara China. Ada dua ratus lima puluh (250) macam barang antik koleksi Museum Kandil Kemilau Emas yang semuanya merupakan koleksi warisan yang telah turun temurun sebagai barang pusaka. (foto: riaudailyphoto)
7. Makam Syekh Burhanuddin
Kemudian objek wisata religi di Kampar adalah Makam Syeikh Burhanuddin yang berlokasi di Kecamatan Kamparkiri, persisnya di Kuntu Lipatkain Kabupaten Kampar. Almarhum Syekh Burhanuddin adalah salah seorang penyebar agama Islam. Tempat ini banyak mendapat kunjungan terutama pada hari besar Islam dan menjelang bulan Ramadan tiba.
Objek wisata ini bisa Anda tempuh sekira 90 menit dari Kota Pekanbaru. Juga, berdekatan dengan Kota Telukkuantan yang juga berjarak kira-kira 90 menit. (foto: pincurantujuah.wordpress.com)
8. Hutan Wisata Rimbo Terantang
Kemudian objek wisata yang wajib Anda coba adalah Rimbo Tarantang. Memang tepat yang satu ini belum dikenal namun dengan keindahan alamnya tempat ini wajib Anda coba.
Objek wisata ini berada di Desa Padang Lawas yang merupakan objek wisata yang memiliki keindahan alam kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas. Hutan wisata ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian. Terutama fenomena alam baik flora maupun fauna. Jenis objek wisata ini adalah wisata petualangan dengan menelusuri hutan sambil menikmati kesegaran dan ketenangan serta keindahan alam di dalam dan di sekitar hutan tersebut. (foto: a-budaya.blogspot.com)
9. Kawasan Bangkinang Siabu
Memiliki daya tarik alam yang khas dan indah, kondisi floranya cukup terjaga dengan baik khawasan juga dijadikan pusat perternakan lebah madu yang menghasilkan tawon yang berkualitas baik, dan di dalamnya dijadikan tempat pembibitan ikan. Objek wisata ini terletak di Desa Siabu Kecamatan Bangkinang Barat.(foto: banyakcito.blogspot.com)
10. Air Terjun Alahan
Kemudian destinasi wisata kesemebilan yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Alahan. Objek wisata berupa keadaan Sungai Kampar yang memiliki banyak jeram dengan air terjun yang sangat indah untuk dinikmati serta menarik untuk diarungi dengan menggunakan perahu khusus. Lokasi objek wisata tersebut terletak hulu Sungai Kampar Kecamatan XIII Kotokampar. Daya tarik obyek wisata ini adalah keindahan serta kesegaran udara dan yang mengundang wisatawan terutama bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualangan dalam mengangumi keberadaan alam. (foto: ocuridho.wordpress.com)
11. OutBound Bukit Naang Kampar
Kemudian objek wisata yang menarik dikunjungi di Kampar adalah kawasan outbound di Bukit Naang. Ramai dikunjungi pada hari hari libur, letaknya yang tak terlalu jauh dari Kota Pekanbaru membuat objek wisata ini sangat mudah anda tempuh. Bagaimana, tertarik mengunjunginya?
Nah itulah dia 10 objek wisata di Kabupaten Kampar yang bisa anda coba kunjungi, semoga saja artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terima kasih. (foto: infokita4.blogspot.com). ***
Sourche: potretnews

0 Response to "Tempat Wisata Populer di Kab. Kampar Riau, Mari Berkunjung"

Post a Comment